4 Hidangan Liburan Tak Sehat Yang Perlu Diketahui

4 Hidangan Liburan Tak Sehat Yang Perlu Diketahui

Yeey... akhirnya liburan datang. Sudah sudah siap jalan-jalan ke mana nih Bu? Pergi ke gunung, pantai atau sekedar piknik di taman kota bisa menjadi pilihan. Sebab, prioritas utama liburan adalah mencari hiburan, jadi jauh-tidaknya tujuan semestinya bukan hal yang perlu dipersoalkan. Liburan juga tak lengkap tanpa kehadiran makanan, apalagi jika jauh hari sudah memutuskan untuk piknik, tentunya sudah disiapkan dari rumah bukan?

Ternyata ada beberapa makanan tak sehat yang sering dimakan saat liburan. Biar referensi Anda semakin lengkap dan Anda tidak perlu khawatir menjalani liburan yang tak sehat, luangkan waktu untuk membaca ulasannya berikut ini ya.

Green been casserole
Tak ada yang menduga jika hidangan yang dibuat dari kacang panjang ini kurang menyehatkan. Bukan masalah sayurannya tetapi teknik memasak kacang panjang dengan menggunakan casserole ini yang bisa meningkatkan kadar sodium. Dr. Blessing Anyatonwu, ahli gizi sekaligus pendiri Earnest Holistic Health, menambahkan green bean casserole memiliki kadar kalori yang tinggi. Setiap porsi sajiannya bisa menghasilkan 275 kalori dan 650 miligram sodium.

Caramel popcorn
Camilan dari jagung ini memang cukup enak disajikan sebagai makanan pendamping liburan. Namun jangan sampai memilih popcorn yang manis karena mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi. Rima Kleiner, ahli gizi dari Amerika menyebutkan gula tambahan yang dihasilkan dari makanan ini bisa membuat kadar gula darah meningkat. Belum lagi kalorinya yang tinggi bisa memicu berat badan usai liburan. Untuk pilihan terbaik buatlah popcorn dengan sedikit mentega atau sedikit taburan garam.

Glazed meat
Hidangan yang terbuat dari irisan daging kalkun maupun ayam ini sering disajikan dengan bumbu-bumbuan yang manis gurih. Sayangnya rasa manis tersebut banyak diperoleh dari proses pembentukan karamel yang tak lain berbahan dasar gula pasir. Rima Kleiner menjelaskan teknik memasak glazed biasanya menggunakan tambahan minyak, sodium dan gula tambahan yang cukup banyak.

Daging akan dimasak sampai membentuk karamel di sekitarnya. Ditambah lagi campuran gula merah sebagai salah satu penyedap rasanya. Tak heran jika kalori makanan ini mencapai 200 kalori dengan 4 gram lemak, 9 gram gula dan sodium yang mencapai 1040 miligram. Kalkun panggang atau ayam panggang tanpa kulit tanpa tambahan gula maupun garam berlebihan bisa menjadi sajian liburan yang menyehatkan.

Spinach artichoke dip
Lagi-lagi banyak yang tak menyangka hidangan ini ternyata kurang menyehatkan. Bayam dan artichoke memang menjadi sayuran yang kaya nutrisi. Namun, Ilyse Schapiro pakar nutrisi Spanyol menyebutkan penyajian kedua sayuran ini sebagai dip atau celupan kuranglah tepat. Sebab, makanan ini bisa menghasilkan 300 kalori dalam setengah porsinya. Jumlah ini akan meningkat saat dikonsumsi dengan keripik kentang menjadi 450 kalori. Salad sayur dengan salsa bisa menjadi hidangan sayur lezat yang rendah kalori.

Sudah paham kan mana hidangan yang kurang sehat dinikmati saat liburan?

Share artikel ini:

Artikel Terkait