4 Manfaat Yoga Lain yang Perlu Ibu Ketahui

Manfaat yoga yang diketahui orang pada umumnya adalah meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas tubuh melakukan, sebagai meditasi serta mengatur pernafasan dengan baik. Padahal, sesungguhnya ada banyak manfaat lainnya dari yoga, termasuk yoga untuk menurunkan berat badan. Selain itu, jenis yoga yang berbeda akan memberikan manfaat yang berbeda pula bagi kita. Yuk, simak apa saja manfaat yoga yang mungkin beberapa diantaranya belum Ibu ketahui berikut ini.

  • Mengurangi stres dan rasa cemas

Walaupun ada berbagai jenis yoga dengan manfaat yang berbeda, tetapi tujuan utama dari yoga adalah menyatukan antara tubuh dan pikiran kita. Dengan melakukan pose-pose yoga Ibu akan terlatih mengenali setiap bagian tubuh dan mengenali setiap tarikan napas yang Ibu ambil yang pada akhirnya akan membantu Ibu untuk fokus pada diri sendiri dan merasa tenang serta rileks.

Selain dapat membantu Ibu merasa rileks melalui pose tertentu, pernapasan dan meditasi, penelitian juga menunjukkan bahwa melakukan yoga secara rutin dapat mengurangi produksi hormon cortisol yang menimbulkan stres.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh European Journal of Preventive Cardiology menyebutkan bahwa besar kemungkinan yoga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Peserta penelitian yang terdiri dari berbagai latar belakang menunjukkan peningkatan pada hal-hal yang dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung, seperti penurunan berat badan, tekanan darah dan kadar kolesterol jahat.

Melakukan berbagai pose yoga secara perlahan akan meregangkan dan melatih otot-otot yang menjadikannya lebih sensitif terhadap insulin, yang penting dalam mengontrol gula darah. Selain itu, pernapasan yang baik juga dapat menurunkan tekanan darah dan meditasi juga dapat menenangkan system syaraf dan mengurangi stres. Semua hal yang disebutkan ini dapat mencegah seseorang terkena penyakit jantung dan membantu mereka yang memang sudah mengidapnya.

  • Meningkatkan kualitas tidur

Mempunyai masalah tidur? Ibu dapat coba melakukan yoga sebelum tidur untuk mengatasinya. Mulailah dengan melakukan meditasi sebentar dan ikuti dengan beberapa pose yoga yang dapat membantu Ibu relaks seperti pose istirahat (child’s pose), membungkuk dengan kaki disilang, berbaring dan menarik lutut ke dada, pose terlentang dengan tangan menarik telapak kaki (happy baby pose) serta pose relaksasi (savasana). Pastikan untuk selalu fokus pada pernapasan Ibu untuk membantu menghilangkan stres dan rasa letih setelah menjalani aktivitas hari itu.

  • Mengurangi berat badan

Peneliti medis dan praktisi yoga Alan Kristal, DPH, MPH melakukan studi mengenai senam yoga untuk menurunkan berat badan. Menurut Kristal, yoga membantu kita mengenali tubuh kita dan mengontrol pikiran kita. Jadi, dengan rutin melakukan yoga membuat kita menjadi lebih sadar mengenai makanan apa yang dibutuhkan tubuh dan mengenali rasa kenyang sehingga kita dapat mengontrol selera makan kita.

Selain itu, meski umumnya gerakan-gerakan yoga tidak membakar banyak kalori, tetapi pada jenis yoga yang dikenal sebagai Power Yoga terdapat juga gerakan yoga untuk menurunkan berat badan. Jika yoga tradisional lebih fokus pada pernapasan dan gerakan yang statis, maka Power Yoga mengkombinasikan pernapasan meditatif dengan gerakan yang lebih aktif dan cepat. Hasilnya adalah yoga yang efeknya sama dengan olahraga aerobic.

 

Ternyata manfaat yoga tak hanya sebatas relaksasi dan fleksibilitas ya, Bu. Manfaat mana yang paling menarik untuk Ibu?

Share artikel ini:

Artikel Terkait