5 Bumbu Yang Bisa Membuat Hidangan Kian Menggoyang Lidah

Legit di mulut, lumer saat dikunyah, merupakan sebagian perumpamaan yang bisa menggambarkan kelezatan suatu hidangan. Makanan dengan rasa yang enak memang kerap membuat lidah bergoyang untuk mencobanya. Terlebih jika makanan tersebut memiliki cita rasa yang lain dari biasanya, perut pun seolah siap sedia untuk menampungnya. Kunci hidangan enak umumnya terletak dari bumbu yang digunakan.

Semakin beragam bumbunya maka semakin sedap pula rasa yang dihasilkan. Dari sekian bumbu ada lima bumbu-bumbuan yang ternyata bisa meningkatkan rasa makanan. Apa saja itu? Berikut ini lansirannya.

Mustard

Bumbu yang pertama bisa digunakan adalah mustard yang terbuat dari biji sawi, minyak dan juga garam. Mustard memiliki rasa manis dan pedas. Terdiri dari dua macam, yaitu mustard kuning dan cokelat. Biasanya digunakan sebagai dip atau celupan, saus, bumbu salad sampai marinade atau bumbu celupan untuk hidangan daging. Elaine Magee, MPH, RD, ahli gizi dari WebMD menyarankan untuk menggunakan mustard tak lebih dari 1 sendok makan karena kandungan sodiumnya yang mencapai 60 miligram.

Kecap

Di Indonesia penggunaan kecap sebagai peningkat selera makan sudah bukanlah hal yang baru lagi. Mulai digunakan sebagai peningkat rasa masakan hingga celupan atau cocolan tahu maupun tempe goreng. Terlepas dari sifatnya yang serba guna dalam setiap hidangan, kecap ternyata juga bisa menyumbang antioksidan. Elaine menyebutkan bahan dasarnya dari kedelai membuat saus ini juga kaya isoflavon yang baik untuk daya tahan tubuh.

Mayones

Tak kalah dengan kecap, mayones termasuk condiment yang cukup sering digunakan sebagai pelezat hidangan. Mayones dapat dijadikan sebagai bumbu tambahan untuk hidangan sandwich, salad kentang maupun dicampur dengan tuna dan ayam. Menurut Elaine satu sendok makan mayones  mengandung 36 kalori, jumlah yang terbilang banyak untuk sebuah bumbu-bumbuan. Anda bisa memilih mayones rendah lemak agar tetap memberikan manfaat kesehatan.

Saus barbekyu

Walau bukan bumbu-bumbuan asli Indonesia, tapi barbekyu sudah cukup dikenal di masyarakat. Banyaknya restoran yang menyajikan pilihan menu barbekyu membuat banyak orang lebih mudah menyantapnya. Pedas manis adalah rasa barbekyu yang paling umum dirasakan. Namun, Elaine menyarankan untuk menggunakan saus barbekyu secukupnya. Bahan dasarnya yang banyak tambahan gula dan garam bisa menambah asupan kalori berlebihan bagi tubuh.

Apple cider vinegar

Condiment yang terakhir dan mulai banyak dikenal dalam kuliner Indonesia adalah vinegar. Minyak ini dibuat dari fermentasi apel dan anggur serta memiliki rasa serupa cuka. Vinegar enak ditambahkan dalam salad. Lebih enak lagi jika dikombinasikan dengan olive oil. Gunakan 1 sendok makan vinegar dalam semangkuk salad. Biarkan dalam kulkas terlebih dahulu sebelum menikmati saladnya agar rasa vinegar lebih terasa.

Itulah lima bumbu pelengkap yang bisa Anda tambahkan dalam hidangan Anda agar lebih istimewa. Biar lebih semarak yuk ajak si kecil dan keluarga menikmatinya bersama.

Share artikel ini:

Artikel Terkait