5 Cara Mengurangi Asupan Gula Keluarga

Bu, penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi gula secara berlebihan dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes dan juga penyakit jantung. Memang tak mudah mengukur asupan gula kita setiap harinya karena selain makanan atau minuman manis yang kita sadari ditambahkan gula, masih ada pula gula intrinsik atau gula yang ternyata terkandung secara alami didalam makanan yang kita konsumsi. Yang perlu Ibu ketahui, gula bukan untuk dihindari sama sekali, tetapi perlu dibatasi karena tubuh pun membutuhkan gula dalam jumlah tertentu sebagai energi siap pakai dalam aktivitas sehari-hari. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa asupan gula orang dewasa dibatasi 50gr saja setiap harinya, termasuk gula alami yang terdapat dalam buah, sayur, dan susu. Nah, bagaimana cara mengurangi asupan gula yang baik? Berikut ini adalah 5 cara yang dapat Ibu coba.

 

  1. Minimalisir gula tambahan dan maksimalkan gula alami

Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan tubuh kekurangan zat gizi seperti serat, vitamin dan mineral. Mengingat gula pun secara alami sudah terkandung dalam buah, sayur dan susu, maka sebaiknya asupan gula tambahan seperti dari gula pasir agar diminimalisir. Misalnya dengan mengurangi asupan camilan dan minuman yang kandungan gulanya tinggi seperti makan gulali, minum soda atau sirup. Ganti minuman manis dengan air putih.

 

  1. Pelajari label makanan sebelum membeli

Cara mengurangi asupan gula yang satu ini memang umumnya luput kita lakukan, padahal dengan membaca label yang tertera dalam kemasan makanan maupun minuman, kita dapat mengetahui dan membandingkan kandungan gula untuk kemudian memutuskan produk mana yang masih baik untuk dikonsumsi keluarga tercinta.

 

 

 

  1. Ganti camilan dengan makanan rendah kalori

Cara mengurangi asupan gula ini berkaitan dengan cara yang pertama. Ganti camilan yang ada di rumah dengan yang rendah kalori. Misalnya biskuit gandum, potongan keju, pisang, buah potong, dan sebagainya. Jika tak ada pilihan lain, tentunya camilan-camilan ini akan disantap oleh anggota keluarga Ibu dan akhirnya akan terbiasa dengan jenis camilan yang rendah kalori.

 

  1. Memasak sendiri

Dengan membuat makanan, kudapan maupun minuman sendiri di rumah Ibu dapat mengontrol jumlah gula yang digunakan dalam pembuatannya. Tentu Ibu dapat melakukannya secara bertahap agar tidak kaget. Dalam hal memasak, jika Ibu biasanya menambahkan 2 sendok teh gula, mulailah dengan mengurangi menjadi 1 sendok teh saja baru perlahan dikurangi lagi sampai akhirnya Ibu tak menggunakan gula sama sekali. Trik lain yang dapat Ibu coba dalam memasak adalah menambahkan lebih banyak rasa dengan mengkombinasikan bumbu-bumbu, misalnya dengan menggunakan vanilla, pala, kayu manis, jahe, dan sebagainya.

 

  1. Menggunakan bahan pemanis yang lebih sehat

Ada bahan lain yang bisa Ibu gunakan sebagai pemanis selain gula pasir, lho. Misalnya dengan menggunakan gula stevia, madu, gula merah dari kelapa atau sirup maple murni. Untuk membuat minuman manis, Ibu dapat membuat jus buah seperti nanas atau pisang untuk memberi rasa manis.

Share artikel ini:

Artikel Terkait