©shutterstock

Mitos 5 Makanan Keberuntungan di Tahun Baru

Duar... duar... bunyi kembang api penanda tahun baru di mulai. Euforia pergantian tahun ini memang tak pernah sepi. Berbagai kalangan di seantero dunia selalu semarak untuk menyambutnya. Tahun baru bukan soal kembang api saja, banyak hal-hal unik yang bisa Anda lakukan bersama si kecil dan keluarga. Salah satunya menikmati makanan keberuntungan di tahun baru. Apa saja sih makanan unik tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Mie panjang
Sekilas memang tak ada yang spesial dari makanan yang mungkin biasa Anda makan sehari-hari ini. Tapi, jangan salah mie yang satu ini memiliki keunikan dari sisi ukurannya. Seperti namanya, mie panjang memang sengaja dibiarkan panjang saat dihidangkan. Cara menikmatinya pun terbilang unik. Supaya di tahun baru dapat berkah panjang umur, Anda perlu menyeruput mie panjang ini sampai tertelan semua. Mie panjang banyak dihidangkan di negara China dan Jepang saat tahun baru tiba.

Buah jeruk
Tradisi makan unik lainnya adalah menikmati buah yang berbentuk bulat, salah satunya adalah jeruk. Di Filipina potongan jeruk yang berjumlah 13 buah dianggap sebagai keberuntungan. Di Eropa dan Amerika Serikat, 12 ruas yang ada dalam  buah jeruk dianggap sebagai simbol 12 bulan dalam setahun.

Ikan utuh
Kembali ke China, perayaan tahun baru juga ditandai dengan menyantap hidangan ikan utuh. Maksudnya, ikan ini disajikan lengkap dari bagian kepala hingga ekor tanpa ada satu pun yang dibuang. Menurut anggapan orang China, hal ini bertujuan untuk memastikan agar berbagai kebaikan dapat diterima dari awal sampai akhir tahun.

Delima
Anda mungkin sudah sering mendengar jika buah delima dianggap sebagai buah keberuntungan. Di Turki, buah ini menyimbolkan keberuntungan dari berbagai sisi. Warna merah pada buahnya mewakili jantung manusia, yang menunjukkan bukti kehidupan dan kesuburan. Delima juga memiliki khasiat obat untuk kesehatan. Biji bulat yang melimpah ditujukan sebagai harapan akan kemakmuran dapat terwujud dari awal hingga penghujung tahun.

Sayuran hijau
Tampaknya hidangan yang satu ini tak kalah sehat untuk menyongsong tahun baru. Sayuran berdaun hijau seperti kale, sawi dan kubis sering disajikan dalam perayaan tahun baru di Amerika Selatan dan Eropa. Warna hijau diidentikkan dengan warna uang kertas yang tak lain simbol kemakmuran. Mereka beranggapan menikmati sayuran hijau di awal tahun dapat menumbuhkan semangat hidup makmur dan sehat sampai akhir tahun datang.

Jadi, sajian keberuntungan mana yang akan Anda pilih?

Share artikel ini:

Artikel Terkait