©shutterstock

5 Plihan Olahraga Menggunakan Bola

Aktivitas berolahraga harus dikenalkan pada si Kecil sejak dini. Selain menjaga mempertahankan kesehatannya, berolahraga terutama dalam tim dapat mengembangkan kemampuan sosialisasi dan membangun rasa percaya diri. Banyak olahraga yang bisa dimainkan oleh anak-anak, salah satunya adalah jenis yang menggunakan bola.

Simak informasi selengkapnya berikut ini ya.

Sepak Bola

Olahraga yang satu ini sangat popular di berbagai kalangan usia di seluruh dunia. Dibagi menjadi 2 tim beranggotakan 11 orang, permainan sepakbola dimenangkan oleh tim yang mampu membuat gol paling banyak hingga batas waktu yang telah ditentukan. Menurut Stan Mack, MA, psikolog anak dari University of Memphis, sepakbola tidak hanya baik bagi kesehatan fisiknya, tapi juga melatih kerjasama dan interaksi dengan teman lain, serta mengembangkan citra diri yang positif.

Basket

Anak-anak berusia 6-17 tahun membutuhkan setidaknya 1 jam aktivitas fisik setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Laporan Centers for Disease Control and Prevention, pusat pencegahan dan penanganan penyakit Amerika Serikat, menyebutkan bermain basket tidak hanya menyenangkan, tapi juga dapat mencegah obesitas, meningkatkan kemampuan motorik, membangun kemampuan berbahasa, dan melatih si Kecil menghadapi kegagalan atau kekalahan.

Baseball

Olahraga yang satu ini cukup popular di kalangan anak-anak. Selain hanya bermodalkan bola dan tongkat pemukul, baseball dapat dimainkan di mana saja, mulai dari halaman, sekolah, atau di lapangan. Sam Ashe-Edmunds, jurnalis kesehatan dan kebugaran dari Smart Healthy Living, Chicago,  menuturkan selain melatih kerjasama antar anggota tim, permainan ini juga mengasah kecepatan dan ketangkasan fisik, serta koordinasi tubuh yang baik. Jangan lupa untuk menggunakan perlengkapan keselamatan seperti helm dan sarung tangan, untuk mencegah cidera selama permainan.

Softball

Hampir mirip dengan baseball, olahraga satu ini mempunyai beberapa perbedaan pada ukuran tongkat pemukul, teknik melempar, jumlah inning, dan baseline. Menurut Lyra Radford, psikolog Florida Atlantic University,  dengan berpartisipasi dalam olahraga softball, si Kecil akan dibantu untuk meningkatkan kekuatan, ketahanan, kecepatan, dan koordinasi tangan-mata mereka.

Tenis

Olahraga lapangan ini dapat dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Menurut Lyra, banyak manfaat fisik yang didapatkan dari bermain tenis, seperti pembakaran lemak, menjaga kesehatan jantung, dan menguatkan otot-otot. Tenis juga meningkatkan kelincahan dan keseimbangan karena tubuh dipaksa memukul bola yang ditempatkan di berbagai sudut lapangan. Selain itu, si Kecil juga dilatih berkonsentrasi dan cepat mengambil keputusan.

Dorong si Kecil untuk memilih olahraga kesukaannya untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait