5 Sumber Vitamin dan Mineral untuk Menu Sarapan Pagi

Agar mencakup gizi seimbang, selain mengandung karbohidrat dan protein, menu sarapan pagi keluarga juga perlu mengandung vitamin dan mineral ya, Bu. Vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh untuk mendukung pertumbuhan, perbaikan jaringan tubuh, membantu metabolisme karbohidrat dan protein, serta dibutuhkan untuk kekuatan tulang maupun gigi dan membentuk sistem kekebalan tubuh.

Vitamin dan mineral bisa didapat dari berbagai jenis pangan yang juga akan menambah citarasa dalam menu sarapan pagi keluarga Ibu. Ibu tinggal menyesuaikan dengan bahan pangan lainnya yang mengandung karbohidrat dan protein, kemudian mengolahnya menjadi menu sarapan yang menggugah selera. Berikut ini adalah beberapa bahan pangan kaya vitamin dan mineral yang umum digunakan dalam menu sarapan.

  1. Sayuran

Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam yang kaya akan vitamin C, vitamin B dan juga kalsium serta zat besi yang baik bagi tubuh. Selain sayuran hijau ada sayuran lain seperti tomat dan wortel kaya akan vitamin A. Jadi, jika menyangkut sayuran, Ibu tak akan kehabisan pilihan untuk dijadikan menu sarapan pagi yang menyehatkan bagi keluarga.

 

  1. Buah-buahan

Dengan menyantap buah saat sarapan, tubuh akan mendapat manfaat dari berbagai vitamin dan mineral yang ada dalam buah, misalnya vitamin C dan potasium. Salah satu jenis buah yang umum disantap atau diolah menjadi menu sarapan adalah pisang yang kaya akan potassium. Seperti yang Ibu ketahui, jeruk juga bisa jadi pilihan karena kaya akan vitamin C, begitu juga pepaya, melon dan aneka buah lainnya. Sama seperti sayuran, Ibu tak akan kehabisan pilihan buah yang kaya akan vitamin dan mineral.

 

  1. Telur

Selain sebagai sumber protein, telur juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral. Bagian kuning telur mengandung vitamin A dan kalsium sementara bagian putih telur megandung mineral seperti zat besi. Yang pasti, Ibu bisa mengolah telur menjadi beragam menu sarapan pagi yang lezat.

 

  1. Sereal

Sereal siap santap difortifikasi dengan vitamin dan mineral sehingga bisa menjadi pilihan menu sarapan yang disukai si Kecil dan juga praktis. Sereal biasanya disantap dengan susu yang pastinya akan memperkaya vitamin dan mineral dalam menu sarapan ini. Ibu juga bisa menyajikannya dengan potongan buah segar yang selain menyehatkan juga menambah citarasa.

 

  1. Susu

Selain kaya akan vitamin D yang baik bagi tulang, susu juga mengandung hampir semua zat gizi. PERGIZI PANGAN menyebutkan bahwa susu yang difortifikasi bisa mengandung lebih banyak zat besi, serat pangan dan zat gizi lainnya termasuk vitamin dan mineral. Nah, karenanya menyajikan susu sebagai pelengkap menu sarapan pagi merupakan cara yang tepat untuk memastikan tubuh mendapat asupan vitamin dan mineral yang cukup.

Nah, untuk memudahkan Ibu menyiapkan sarapan pagi yang sehat, Ibu dapat membuat rencana menu di minggu sebelumnya. Cara ini juga akan memudahkan Ibu saat berbelanja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sarapan. Pastikan setiap menu sarapan pagi yang ibu rencanakan sudah memenuhi kebutuhan gizi seimbang harian ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait