©shutterstock

6 Makanan Ini Bisa Bantu Bakar Kalori Lho, Bu!

Metabolisme dalam tubuh hampir terjadi setiap waktu selama orang tersebut hidup. Proses ini terjadi dengan pembakaran kalori yang banyak disumbangkan oleh makanan dan minuman menjadi energi. Jika makanan yang dimakan memiliki gizi yang tinggi, maka energi yang dihasilkan juga lebih besar. Namun, beberapa makanan justru memiliki kalori yang berlebihan sehingga bisa menyebabkan proses ini berjalan lebih lama.

Untuk mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh, makanan ini dapat menjadi pilihannya.

Grapefruit
Makanan pertama yang bisa Anda konsumsi adalah grapefruit. Buah ini dapat membantu pembakaran kalori yang ada dalam tubuh menjadi lebih cepat. Lebih dari itu, buah yang masih masuk dalam golongan jeruk ini memiliki banyak zat gizi. Salah satunya bermanfaat untuk mengontrol gula darah.

Seledri
Siapa sangka seledri yang banyak digunakan sebagai pelengkap masakan ini dapat mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh. Untuk hasil terbaik, kombinasikan sayuran ini ke dalam jus sayur atau buah-buahan yang kaya akan vitamin dan serat.

Gandum
Sudah sejak lama gandum dikenal sebagai sumber makanan yang memiliki gizi melimpah. Gandum juga mengandung banyak serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Serat ini juga dapat membantu menguraikan lemak dan memaksimalkan penyerapan nutrisi selama proses pencernaan berlangsung.

Teh hijau
Selain makanan, ada pula minuman yang memiliki khasiat yang sama. Teh hijau dapat membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Lebih dari itu, maskot minuman asia ini juga mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu program gaya hidup sehat.

Omega-3
Ini bukan nama sebuah makanan melainkan sumber gizi yang banyak diperoleh dari ikan seperti tuna dan salmon. Asam lemak omega-3 dapat mengontrol pembakaran kalori dan lemak yang ada dalam tubuh. Semakin rutin mengonsumsi sumber makanan kaya omega-3, maka semakin mudah membentuk tubuh yang sehat.

Kopi
Kabar gembira bagi Anda yang sering minum atau bahkan cinta dengan kopi. Pasalnya, minuman yang satu ini dapat merangsang pembakaran kalori lebih cepat. Kafein yang terkandung di dalamnya dapat mendorong suplai oksigen dalam darah melancarkan proses pencernaan. Namun, jangan menambahkan gula atau krim karena hanya akan menambah jumlah kalori kopi. Sebagai gantinya dapat digunakan kayu manis.

Itu dia beragam makanan dan minuman yang bisa membantu memaksimalkan proses metabolisme tubuh.

Share artikel ini:

Artikel Terkait