6 Makanan Penurun Kolesterol yang Cepat

Mengkonsumsi makanan yang memacu tingginya jumlah kalori bisa menghasilkan low-density lipoprotein (LDL), kolesterol buruk yang memiliki dampak tidak baik pada tubuh. LDL dihasilkan dari terlalu banyak mengkonsumi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti daging, mentega, dan produk susu, serta makanan yang mengandung lemak trans, seperti makanan cepat saji. Tingginya kadar LDL dalam tubuh bisa meningkatkan resiko penyakit jantung, penyempitan pembuluh darah dan stroke. Bila kadar kolesterol dalam tubuh sudah terlalu tinggi, bisa dilakukan olahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol. Berikut adalah beberapa makanan penurun kolesterol yang ampuh untuk mengurangi kadar LDL dalam tubuh.

  • Apel

Buah apel mengandung serat yang bisa mengurangi kadar LDL dalam tubuh. Menurut riset dari European Journal of Nutrition 2014, mengkonsumsi apel sebanyak dua buah setiap harinya bisa memperlambat oksidasi kolesterol LDL ke dalam tubuh. Ini karena apel juga mengandung antioksidan polypenols yang terdapat di kulit buah tersebut.

  • Teh Hijau

Sebenarnya tidak hanya teh hijau, jenis teh lain yang mengandung antioksidan seperti white tea, black tea dan oolong tea juga bisa membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Teh hijau menunjukkan hasil terbaik dalam penurunan kolesterol, karena teh ini kaya akan antioxidant epigallocatechin gallate (EGCG). Tidak seperti teh lain, daun teh hijau tidak difermentasi, melainkan diuapi sehingga EGCG tidak teroksidasi dan manfaatnya lebih terasa.

  • Jeruk Bali

Mengkonsumsi satu buah jeruk bali setiap hari selama sebulan terbukti bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh hingga 20 persen. Makanan penurun kolesterol ini mengandung liminoid dan lycopene serta serat yang membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

  • Bayam

Sayuran ini mengandung banyak lutein, zat yang bisa membantu mencegah kolesterol menyumbat pembuluh darah dalam tubuh sehingga mengurangi resiko stroke. Jadikan bayam sebagai makanan penurun kolesterol favorit Anda sehari-hari.

  • Bawang putih

Selain menambah rasa dalam santapan sehari-hari, bawang putih juga ternyata merupakan makanan penurun kolesterol. Bawang putih telah terbukti bisa mencegah penyempitan pembuluh darah, mengurangi tekanan darah dan mencegah infeksi tubuh. Riset menunjukkan bahwa bawang putih berkhasiat menjaga dinding pembuluh darah dari kolesterol berlebih, sehingga mengurangi resiko stroke. Konsumsi 2-4 siung bawang putih setiap hari untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

  • Coklat

Siapa sangka, ternyata coklat juga merupakan makanan penurun kolesterol. Coklat mengandung antioksidan tinggi yang membantu menghasilkan HDL, kolesterol yang baik untuk tubuh. Namun harus diperhatikan, coklat yang baik untuk menurunkan kolesterol adalah dark chocolate, yang mengandung lebih banyak antioksidan dari jenis coklat lainnya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait