7 Cara Jitu Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Saat berpuasa, bau mulut menjadi masalah umum yang sering terjadi. Oleh karena itu perlu disiasati agar tidak mengganggu aktivitas dan kelancaran berpuasa. Berikut ini adalah cara-cara paling ampuh agar Ibu bisa terhindar dari bau mulut saat bulan puasa.

 

Rutin menggosok gigi

Agar mulut tetap segar dan terhindar dari bau mulut di bulan puasa, utamakan sikat gigi setelah makan sahur dan setelah berbuka puasa. Gosok secara menyeluruh dan maksimal untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di mulut. Jangan lupa pula bersihkan lidah dengan benar karena efektif dalam mengontrol bau mulut.

 

Gunakan benang gigi dan kumur dengan mouthwash

Untuk hasil lebih maksimal, Ibu bisa berkumur dengan mouthwash dan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi dari makanan busuk yang menyebabkan bau mulut.

 

Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Selain baik untuk kesehatan, ternyata buah dan sayur kaya akan kandungan serat dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. Serat di dalam buah dan sayur berguna untuk meningkatkan produksi air liur didalam mulut sehingga bisa mengurangi bau mulut. Sedangkan kandungan antioksidan di dalam buah dan sayur dipercaya ampun membunuh dan menghambat perkembangan bakteri di dalam mulut.

 

Hindari makanan dengan bau yang menyengat

Jika ingin terhindar dari bau mulut selama berpuasa, maka Ibu harus menghindari mengonsumsi makanan yang memiliki bau tidak sedap. Makanan dengan bau yang tajam dan menyengat dapat memicu bau napas tak sedap seperti buah durian, petai, jengkol, masakan dengan bawang putih berlebih dan juga makanan pedas.

 

Konsumsi air putih

Selain untuk terhindar dari dehidrasi, mengonsumsi air putih juga bisa membantu Ibu terhindar dari bau mulut. Oleh karena itu, minumlah air putih minimal sebanyak 8 gelas per hari saat sahur dan berbuka puasa. Ini adalah cara paling sederhana namun ampuh untuk mengurangi bau mulut, karena banyak minum air putih akan merangsang saliva dengan baik untuk memproduksi air liur yang berfungsi juga sebagai cairan pembersih.

 

Hindari merokok

Selain tak baik untuk kesehatan, ternyata rokok juga merupakan salah satu penyebab bau mulut. Lebih buruk dari itu, ternyata rokok juga dapat mengakibatkan noda kusam yang menetap pada gigi, serta gusi pun akan berubah warna menjadi kecoklatan. Hal itu disebabkan karena tembakau menghambat aliran darah ke gusi, sehingga membuat gusi kekurangan nutrisi, oksigen dan rentan untuk terserang infeksi.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait