©shutterstock

7 Rutinitas Sehat Penurun Berat Badan

Demi mendapatkan berat badan yang ideal, tidak harus diatasi dengan diet ketat kok. Dengan menjalani pola hidup sehat, berat badan impian juga bisa didapatkan. Cara ini pastinya lebih efektif dan tidak menyakiti tubuh. Yuk simak ulasan selengkapnya di sini.

Matikan televisi
Berhentilah membuang banyak waktu Anda untuk menonton televisi, karena ada banyak sekali hal luar biasa yang dapat Anda lakukan, yang pastinya bisa membantu menurunkan berat badan. Pergilah ke luar rumah bermain dengan si kecil atau menikmati udara segar dengan bersepeda. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan bukan?

Jalan kaki lebih banyak
Untuk menurunkan berat badan, Anda butuh bergerak lebih banyak setiap harinya. Berjalan adalah cara yang sangat mudah untuk melakukannya, selain meningkatkan kesehatan mental dan fisik juga. Biasakan berjalan kaki mulai hari ini ya.

Hindari diet ketat
Diet hanya akan membuat Anda kelaparan, tetaplah makan tiga kali sehari dan makan camilan sehat. Namun, tekankan pola makan yang lebih sehat, yaitu dengan menambah porsi buah dan sayur yang sangat banyak serta mengurangi porsi lemak dan karbohidrat.

Makan lebih banyak sayuran
Sayuran yang tinggi serat, fitonutrien dan vitamin membantu tubuh Anda untuk menurunkan berat badan. Tambahkan lebih banyak sayuran untuk menu sarapan telur dadar, green smoothies pada siang hari dan tumis sayuran pada malam hari.

Hindari makanan olahan
Hindarilah makan makanan olahan yang mengandung bahan kimia dan pemanis buatan yang berbahaya. Selain mengandung tinggi lemak, makanan ini kurang baik bagi kesehatan Anda.

Hindari gula yang berlebihan
Jika ingin menurunkan berat badan, pastikan tidak mengonsumsi gula halus atau gula tambahan pada menu harian Anda. Cobalah untuk mengurangi asupan gula, bahkan jika bisa hilangkan sepenuhnya. Dapatkan manfaat glukosa yang sehat dari buah-buahan alami saja ya.

Cukup tidur
JIka Anda kurang tidur, maka akan lebih sulit untuk mengurangi berat badan. Tidur yang cukup setiap malam dapat membantu mengurangi kadar kortisol yang dapat membuat Anda berselera makan makanan berlemak dan manis. Tidak peduli seberapa sibuknya Anda, pastikan tidur 7-8 jam setiap malam ya.

Diet ketat bukanlah jawaban dari terbentuknya berat badan impian. Jadi, segera hentikan segala upaya menurunkan berat badan yang menyakiti tubuh Anda. Lalu, jalani pola hidup sehat yang tidak hanya menyehatkan tubuh tapi juga mengantarkan Anda pada bentuk tubuh ideal. Selamat mencoba!

Share artikel ini:

Artikel Terkait