Agar Menu Makanan Membangkitkan Selera

Makanan yang sehat adalah makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh dan dikonsumsi sesuai dengan proporsi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun terkadang, ada sebagian orang yang enggan mengkonsumsi makanan sehat dikarenakan penyajian dan rasa yang dianggap tidak sesuai selera.

Menurut pemerhati kuliner nusantara Budi Sutomo, untuk dapat menikmati menu yang sehat serta manfaatnya diperlukan penyajian serta pengelolaan bahan makanan yang tepat. Dalam setiap penyajian menu yang sehat, harus ada variasi yang dapat menimbulkan selera bagi yang melihat atau mencium aromanya.

 

Berikut ini tips penyajian makanan sehat menurut Budi:

1. Hindari penyajian makanan secara berulang dengan bahan yang sama
Jangan menyajikan menu makanan yang sama setiap hari selama beberapa hari atau bahkan dalam sehari. Sebab, selain membuat bosan, menu makanan yang sama dapat menghilangkan selera makan. Kombinasi menu makanan yang berbeda bukan hanya membantu menghilangkan kebosanan, melainkan pula memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

2. Perhatikan pemilihan lauk saat berbelanja
Jangan membeli satu atau dua jenis lauk saat berbelanja. Akibatnya beberapa masakan terbuat dari jenis lauk yang sama. Usahakan sajikan tiga atau empat lauk berbeda dalam satu meja makan. Dengan begitu, setiap orang dapat mengkombinasikan jenis makanannya sesuai dengan keinginannya. Sebagai contoh, bila menu makan siang anda berupa sup sayur, maka kombinasikan lauknya dengan tempe, tahu atau telor yang digoreng.

3. Pilih makanan pendamping yang juga sehat
Camilan atau kudapan sering berubah fungsi sebagai makanan utama, bila orang yang ingin makan tidak berselera terhadap makanan yang disajikan. Camilan harus tetap menjadi camilan bahkan menjadi salah satu faktor yang dapat menyehatkan tubuh selain makanan utama. Camilan yang sehat adalah camilan yang dapat melengkapi nutrisi dari makanan utama. Karena itu camilan harus terfokus pada pemenuhan serat, vitamin dan mineral. Karena, pada menu utama sudah terdapat karbohidrat, protein, kalsium dan nutrisi lainnya.

4. Sajikan menu dengan cara yang menarik dan berbeda
Penyajian yang menarik dan berbeda dapat dilakukan melalui penyusunan makanan di atas piring yang dikenal dengan nama Platting. Misalnya pada makanan anak yang menggunakan sedikit lauk, seperti nasi goreng atau omelet. Penyajian telur dan nasi dilakukan terpisah dalam menu nasi goreng. Namun kali ini, telur dapat disajikan sebagai pembungkus nasi goreng, sehingga nasi seolah terselubuh di dalam sebuah kantung berwarna kuning.

Share artikel ini:

Artikel Terkait