Yuk, Bangun Rumah Ramah Demi Lingkungan Sehat

Kian hari, kondisi lingkungan semakin mengkhawatirkan. Kini aaatnya kita berbuat sesuatu untuk memastikan lingkungan yang lebih sehat dan aman di masa depan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, semuanya bisa dimulai dari rumah.

Arsitek dan interior desainer dari Biroe Architecture and Interior, Rubi Roesli, memberikan tips untuk menjadikan rumah lebih ramah lingkungan. Berikut ulasannya:

Desain Rumah
Rumah ramah lingkungan haruslah efisien dalam hal penggunaan energi. Salah satu caranya dengan menerapkan passive design yaitu rumah yang didesain untuk dapat menyerap sinar matahari secara maksimal. Sederhananya, rumah yang cukup sinar matahari akan mengurangi pemakaian lampu di siang hari. Demikian juga rumah juga memiliki aliran udara yang baik, maka akan mengurangi penggunaan pendingin ruangan. Dengan begitu, penguin rumah bisa mengurangi penggunaan listrik.

Material Rumah
Pemilihan material rumah mempunyai efek terhadap lingkungan. Beberapa material memang perlu dihindari, antara lain kaca yang memantulkan sinar matahari, karena dapat memberikan efek radiasi seperti efek rumah kaca.

Pemanfaatan Barang
Cara penghuni rumah memanfaatkan barang juga amat penting untuk mendukung konsep rumah ramah lingkungan. Banyak sekali "sampah" yang bisa dimanfaatkan kembali menjadi barang yang memiliki nilai guna. Jadi, jangan terburu-buru untuk membuang sesuatu.

Penghuni bisa menggunakan metode reduce (mengurangi), reuse (menggunakan ulang), recycle (mendaur ulang), dan repurpose (mengalihkan fungsi). Reduce, misalnya dengan mengurangi penggunaan plastik.Repurpose , misalnya kaleng susu menjadi pot bunga.Recycle, misalnya kotak susu menjadi kotak tisu. Sedangkan reuse, misalnya dengan menggunakan ulang kantong belanjaan untuk membawa barang-barang.

Selain cara-cara di atas, menanam pohon di pekarangan juga bisa membuat rumah lebih ramah lingkungan. Dalam situs Hijau dijelaskan, jika ditanam dan diletakkan dengan benar, pohon bisa membantu penghuni rumah dalam mengurangi biaya listrik untuk pendingin ruangan. Hal ini karena pohon punya kemampuan menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen sehingga membuat udara di sekitar rumah lebih segar. Kemampuan tersebut juga membuat pohon berperan penting dalam meredam pemanasan global.

Nah, sudah siap menciptakan rumah ramah lingkungan?

Share artikel ini:

Artikel Terkait