Yuk, Jaga Kesehatan Anak Lewat Yoga

Olahraga adalah kegiatan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya untuk orang dewasa, namun juga untuk anak-anak. Bagi orang dewasa, pilihan olahraga itu tentu beragam. Tapi, bagaimana untuk anak-anak? Adakah olahraga yang pas untuk sang buah hati?

Hal ini barangkali pernah terbersit di pikiran Ibu. Nah, jika si buah hati sudah berusia empat tahun, yoga bisa menjadi salah satu pilihan olahraga untuk mereka. Ibu bisa ikut serta dengan si kecial saat melakukan yoga. Tak sekedar menjaga kesehatan, kedekatan antara Ibu dan buah hati kian bertambah jika melakukan yoga bersama-sama.

Berikut beberapa manfaat yoga untuk anak, menurut Jen Oppenheimer, seorang instruktur yoga untuk anak-anak dari Karma Yoga, New York, seperti dikutip dari laman Viva.co.id:

- Melatih untuk Fokus
Gerakan dalam yoga mengutamakan ketenangan sehingga membiasakan anak untuk fokus terhadap sesuatu. Mereka akan mudah berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu. Hal ini juga telah dibuktikan dalam penelitianAmerican Journal of Occupational Theraphy, yang dikutip laman Detik.com. Walhasil, yoga bisa menjadi salah satu pilihan olahraga dan kegiatan untuk anak autisme.

- Menjauhkan Anak dari Stres
Kegiatan yoga akan membuat anak menjadi rileks dan tenang sehingga menjauhkan mereka dari perasaan stres.

- Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak
Ketika anak dijauhkan dari perasaan stres dan rileks menjalani sesuatu, kata Jen Oppenheimer lagi, kepercayaan diri sang anak akan terangkat. Hal ini akan membantu mereka berinteraksi dalam lingkungan baru seperti sekolah.

Baca Juga : Kiat Berolahraga Dengan Anak

- Mengajarkan Menghargai Orang Lain
Gerakan yoga yang dilakukan secara perlahan dan lembut akan membuat anak paham akan kehati-hatian dan disiplin. Hal itu akan menyadarkan mereka bahwa mereka juga harus bersikap hati-hati dan lembut kepada orang-orang di sekitarnya.

Meski yoga membawa manfaat bagi anak, namun Ibu harus sadar bahwa olahraga ini tetap berlangsung nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak. Jadi, Ibu tak harus menyalahkan mereka jika gerakan-gerakan yang dilakukan tak persis seperti gerakan orang dewasa.

Menurut Mony Suriany, instruktur yoga @42, gerakan yoga untuk anak-anak memang telah disesuaikan dengan kemampuan mereka. "Umumnya berbentuk permainan," kata Mony.

Makanya, ditambahkan Mony, tak jarang kegiatan yoga anak dilakukan sembari bercerita dan menirukan binatang atau pepohonan. Jadi, bagaimana, Bu? Tertarik untuk mencoba yoga bersama sang buah hati?

Share artikel ini:

Artikel Terkait