@shutterstock

Adu Khasiat, Sirup Maple Vs Madu

Madu dan sirup maple sama-sama memiliki rasa manis yang alami, keduanya sangat cocok menjadi pengganti gula. Warna sirup maple sangat mirip dengan madu, berwarna cokelat dan kental. Namun, persamaan mereka cukup berhenti sampai di sana.

Sirup maple terbuat dari getah pohon maple. Umumnya, sirup maple digunakan sebagai sirup untuk pancake yang dikucurkan di atasnya. Tak jarang, sirup maple juga dipakai dalam resep kue atau hidangan penutup untuk memberikan rasa yang khas.

Kalori yang terdapat di madu dan sirup maple hampir seimbang. Satu sendok makan sirup maple murni mengandung 52 kalori. Sedangkan untuk satu sendok makan madu mengandung 64 kalori. Angka yang terbilang sama untuk jumlah yang kecil.

Setiap satu sendok makan madu mengandung 17,4 gram karbohidrat dengan 17,3 gram karbohidrat berasal dari gula. Sedangkan dalam satu sendok sirup maple murni mengandung sekitar 13,5 gram karbohidrat dengan 12,4 gram karbohidrat berasal dari gula. Hal ini menjelaskan sirup maple ternyata lebih sehat dari pada madu dan tentu saja, kandungan sukrosanya lebih sedikit.

Kandungan vitamin dan mineral dari madu lebih tinggi dari pada sirup maple. Madu mengandung  sumber vitamin B6 dan vitamin C. Sirup maple tidak mengandung satupun dari keduanya. Di sisi lain, sirup maple mengandung lebih banyak mineral dari pada madu. Sirup ini mengandung banyak zat besi, kasium, zinc, mangan dan potasium. Di samping itu, sirup maple juga menyediakan lebih banyak sodium dari pada madu. Madu mengandung flouride yang bermanfaat untuk kesehatan gigi, sedangkan sirup maple tidak memiliki kandungan tersebut.

Komponen gizi lain yang terkandung dalam madu adalah asam amino. Sirup maple tidak memiliki asam amino, tetapi sirup maple mengandung air dua kali lebih banyak dari pada madu. Pada tahun 2009, sebuah studi yang diterbitkan oleh The Journal of American Dietetic Asociation mengatakan bahwa dalam sirup maple dan madu ditemukan kandungan anti oksidan dengan tingkat aktivitas menengah. Antioksidan bermanfaat untuk melawan radikal bebas penyebab kanker dan memperlambat penuaan.

Khasiat yang terkandung dalam madu dan sirup maple bisa dibilang sama. Jika Anda menginginkan mineral dan fruktosa yang lebih rendah, sirup maple adalah pilihan yang sangat baik. Madu dan sirup maple harus dikonsumsi dengan baik dan dalam jumlah yang sedang untuk mencegah tingginya asupan gula yang masuk kedalam tubuh.

Share artikel ini:

Artikel Terkait