Agar Si Kecil Tetap Aman Saat Olahraga

Olahraga sangatlah dianjurkan untuk menjaga kesehatan si kecil tetap prima dan mendukung pertumbuhannya. Tapi, perlu diingat jika aktivitas gerak yang satu ini juga bisa mengakibatkan si kecil terluka. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi pada si kecil, yuk minimalkan dengan beberapa tips berikut ini.

Memakai pelindung

Helm adalah pelindung olahraga yang paling umum. Alat pelindung ini dapat melindungi kepala si kecil saat bermain bisbol, bersepeda, skateboard dan jenis olahraga lainnya. Pelindung lainnya yang disarankan adalah, pelindung siku, lutut dan mata saat berenang. Dengan melindungi organ penting tersebut, si kecil akan lebih aman dan nyaman saat berolahraga.

Pemanasan

Sebelum memulai olahraga, sebaiknya minta si kecil untuk melakukan pemanasan berupa peregangan dan jogging ringan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi cidera otot atau kram di tengah olahraga. Pemanasan biasanya berlangsung selama 15-30 menit agar otot menjadi lemas dan sangat kecil kemungkinan untuk terluka.

Memeriksa kelengkapan olahraga

Periksalah kelengkapan olahraga yang akan digunakan oleh si kecil, karena pemeriksaan yang kurang juga dapat menyebabkan kecelakaan saat olahraga. Misalnya saja, saat bermain sepatu roda, pastikan roda dalam kondisi yang aman untuk digunakan. Begitu juga sepatu olahraga si kecil, pastikan membeli sepatu yang nyaman sehingga tidak melukai kakinya.

Kecelakaan dan cidera saat olahraga memang tidak bisa dicegah, namun bukan berarti tidak dapat diminimalisir bukan?  Dengan mengaplikasikan tips di atas, risiko si kecil mengalami hal yang tidak diinginkan semakin kecil.

Share artikel ini:

Artikel Terkait