©shutterstock

Agar Tanaman Air Tidak Menjadi Langganan Nyamuk Bertelur

Kebun dan halaman yang indah tentunya akan meningkatkan estetika dan kualitas hidup dari suatu hunian, dengan menyediakan udara segar dan tampilan yang asri. Penambahan tanaman air dipercaya memunculkan efek positif dan menciptakan suasana rileks, bahkan beberapa meyakini bagus untuk Feng Shui.

Akan tetapi tanaman air juga sering dijadikan sarang nyamuk untuk bertelur dan berkembangnya larva. Untuk mencegah mewabahnya DBD dan malaria, simak tips berikut untuk mengantisipasinya.

Biarkan Air Mengalir

Air yang menggenang dan diam merupakan tempat favorit nyamuk untuk bertelur. Selain itu, larva nyamuk hanya dapat bertahan di permukaan air yang tenang.  Oleh karena itu jaga agar air yang ada pada pot atau wadah tanaman tetap mengalir, walaupun hanya beberapa jam sehari. Pompa akuarium bisa dimanfaatkan untuk menciptakan aliran air, baik dalam bentuk air terjun maupun air mancur. Tidak hanya itu, gemericik suara air yang mengalir juga memberi nuansa sejuk pada kebun.

Tambahkan Ikan Kecil

Bila pot yang digunakan tidak memungkinkan untuk menciptakan aliran air, maka solusi berikutnya adalah dengan menambahkan beberapa ikan kecil untuk membasmi larva nyamuk. Beberapa ikan yang terkenal efektif dalam membasmi larva nyamuk dan mudah ditemukan adalah ikan mas, ikan zebra, dan ikan cupang. Ikan koi mungkin tampak lebih indah, tapi jenis ikan ini tidak memangsa larva nyamuk.

Ganti Air Secara Teratur

Jangan lupa juga untuk mengganti air dalam pot secara teratur, untuk memastikan nyamuk tidak bersarang. Selain itu juga meningkatkan kesuburan tanaman air karena mendapatkan nutrisi baru yang dibutuhkan untuk tumbuh. Perhatikan area yang memungkinkan terbentuknya genangan air di antara batu maupun akar tanaman yang lebat, yang dapat menjadi tempat berkembangnya larva nyamuk.

Gunakan Bubuk Abate

Cara termudah untuk mengantisipasi larva nyamuk pada pot tanaman air adalah memasukan bubuk abate ke air di dalam pot. Larva nyamuk yang memakan bubuk ini akan mati. Jangan khawatir, bubuk abat aman bila tidak sengaja diminum oleh hewan peliharaan. Cara sederhana lainnya adalah menuangkan minyak sayur ke dalam air, yang akan membentuk lapisan di atas air dan mencegah nyamuk untuk bertelur di pot tanaman air.

Gunakan cara-cara di atas untuk mencegah nyamuk berkembang biak di pot-pot tanaman air ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait