©shutterstock

Agar Toilet Tetap Kering

Kamar mandi merupakan tempat yang dianggap paling berkuman, oleh karena itu harus mendapatkan perhatian lebih untuk menjaga kebersihannya. Tren toilet kering yang mulai digemari, membutuhkan penanganan dan perawatan khusus agar tetap bersih dan bebas becek.

Berikut cara mudah agar toilet selalu dalam keadaan bersih dan kering ya.

Segera Mengeringkannya

Cara terbaik dan paling efektif untuk menjaga lantai di kamar mandi tetap kering, terutama setelah pemakaiannya adalah dengan menyapu atau mengelap kelebihan air. Hal ini dapat menghindarkan becek dan bekas-bekas air yang membuat noda pada kamar mandi. Anda dapat menggunakan sapu karet atau alat pel busa untuk mengeringkannya dengan sempurna. Libatkan semua anggota keluarga untuk membantu menjaga kebersihan dry toilet dan biasakan untuk tidak menumpahkan air di sekitar lantai kamar mandi. Bisa juga dengan menambahkan beberapa tetes disinfektan yang sekaligus dapat membersihkan kamar mandi dari kuman-kuman penyebab gangguan kesehatan.

Gunakan Tirai

Setelah selesai menggunakan kamar mandi, buka kaca jendela atau menyalakan kipas, agar lantainya mengering lebih cepat dan memperlancar sirkulasi udara. Pasang tirai anti air yang membatasi area untuk mandi dan area sekitar kamar mandi. Cara ini efektif untuk menghalau tetesan-tetesan air yang menjaga lantai dan toilet tetap kering.

Bersihkan Toilet

Toilet yang bersih dan wangi tentunya jauh dari kesan jorok. Membersihkan toilet merupakan pekerjaan yang berantakan dan selalu ada kemungkinan terjadi percikan air ke luar toilet. Singkirkan benada-benda yang berdekatan dengan toilet. Pertama-tama, bersihkan dari bagian paling atas untuk mencegah larutan pembersih dan kotoran menetes ke permukaan yang sudah bersih. Semprot tangki, handle, dan tangki air hingga bersih, kemudian keringkan dengan lap. Selanjutnya bersihkan tutup luar dan bagian bawah toilet. Dudukannya juga tidak boleh diabaikan, karena merupakan bagian dari toilet yang kontak langsung dengan orang-orang. Angkat dudukannya dan semprot hingga bersih, gunakan sikat dan larutan pembersih jika diperlukan. Setelah itu bilas hingga bersih dan keringkan untuk menghindari tumbuhnya jamur dan noda bekas air.

Cukup mudah kok menjaga kebersihan toilet kering, luangkan sedikit waktu dan usaha selama beberapa menit untuk melakukannya ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait