©shutterstock

Alang-alang, Bukti Rumput Kaya Manfaat

Sebagian orang menganggap rumput tak punya banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi tunggu dulu, ternyata alang-alang berbeda lho. Rumput liar ini menyimpan segudang manfaat yang bisa digunakan untuk mengobati beberapa masalah kesehatan, seperti berikut ini.

Mengobati Panas Dalam

Akar alang-alang bisa diolah menjadi obat yang manjur untuk panas dalam. Ambil beberapa umbi akar alang-alang, lalu cuci hingga tidak ada lagi tanah dan kotoran yang menempel. Jemur di bawah terik matahari atau masukkan ke dalam oven supaya cepat kering. Kalau sudah, haluskan dengan cara menumbuknya sampai berubah menjadi bubuk. Nah, jadi deh! Anda bisa mencampurkan bubuk alang-alang ini dengan teh atau air hangat dan madu untuk mengatasi panas dalam serta melegakan tenggorokan.

Meredakan Mimisan

Si buah hati tiba-tiba mimisan? Segera redakan dengan alang-alang. Selain sirih, tanaman ini juga berkhasiat menghentikan darah yang keluar lewat hidung. Cuci bersih akar alang-alang segar. Kemudian tumbuk hingga halus lalu tambahkan sedikit air. Peras sampai sarinya keluar semua baru berikan pada si kecil untuk diminum. Paling tidak Anda membutuhkan 100 cc sari akar alang-alang untuk mengobatinya.

Mengatasi Kencing Manis

Pernah mengalami buang air kecil yang berdarah? Cukup seram ya? Namun ternyata gangguan kesehatan ini bisa diatasi dengan alang-alang. Cukup siapkan sekitar 100 gram alang-alang segar, cuci hingga bebas tanah dan kotoran, lalu potong kecil-kecil. Masukkan potongan akar alang-alang ke dalam panci, kemudian tambahkan dua gelas air. Rebus sampai mendidih, dinginkan. Saring dan tuang air rebusan tadi dalam gelas. Ramuan ini bisa membantu meredakan kencing manis jika diminum secara rutin, dua kali sehari. Oh ya, jangan lupa juga untuk berkonsultasi ke dokter supaya tidak sampai salah langkah.

Di balik tanamannya yang sederhana, rumput liar ini bisa membantu menjaga kesehatan. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan rumahan supaya bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh tidak terlalu banyak. Semoga informasinya bisa membantu ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait