Alasan Sayuran Perlu Dimasak

Seiring dengan perkembangannya, tren gaya hidup selalu mengalami perubahan. Mulai dari pola makan yang lebih ke arah fast food hingga pilihan makanan rumahan. Tak terkecuali, pola hidup dengan mengonsumsi makanan mentah. Salah satu yang sedang populer adalah menikmati sajian sayur dan buah-buahan mentah.

Memang bukanlah hal yang salah, jika Anda hobi makan sayuran mentah. Selain lebih segar saat dimakan, vitamin dan mineral yang ada dalam sayuran ini juga akan tetap utuh saat dimakan. Bukan hanya itu saja, sayuran mentah juga memiliki rasa yang renyah. Apalagi, jika disajikan dalam salad dengan tambahan mayones, tentu akan sangat nikmat lagi. Tidak heran, jika makanan ini dianggap sebagai salah satu perwujudan dari makanan sehat.

Meski begitu, tidak semua sayuran bisa dimakan secara mentah. Beberapa sayuran diharuskan untuk dimasak terlebih dahulu agar bisa terbebas dari bakteri atau virus yang ada di dalamnya. Di samping itu, adanya kandungan zat yang lebih kompleks dalam sayuran perlu dimasak terlebih dahulu agar lebih mudah dicerna oleh tubuh. Dari poses pemasakan ini, zat gizi yang ada dalam sayuran tersebut dapat diserap oleh tubuh secara sempurna.

Bukan hanya itu saja, ada manfaat lain yang akan Anda peroleh jika memasak sayuran terlebih dahulu sebelum memakannya. Menurut Budi Utomo, S.Pd., sayuran memiliki zat khusus yang disebut sebagai pektin. Zat ini akan membuat tekstur sayuran lebih lunak, sehingga lebih nikmat untuk disantap pun juga dicerna dalam saluran pencernaan. Beberapa sayuran lain juga banyak mengandung racun, sehingga dengan memasaknya maka dapat menonaktifkan beragam racun yang bisa jadi menimbulkan bahaya dalam tubuh.

Hal yang tak kalah penting untuk diingat adalah agar mencuci terlebih dahulu sayuran ini secara bersih sebelum diolah. Proses pencucian akan membuat kotoran pada sayuran dapat dibersihkan. Selain itu, telur dan juga larva serangga bisa dihilangkan saat Anda mencucinya, sehingga tidak sampai menimbulkan bahaya parasit dalam tubuh. Terakhir, mencuci sayuran sebelum memasak juga akan menghilangkan pestisida yang masih menempel pada daun, buah maupun bagian sayuran yang lain. Hasilnya, tubuh tetap sehat dengan olahan sayuran yang selalu lezat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait