10 Alasan Umum Membatalkan Beraktifitas Fisik dan Tips Mengatasinya

Mempertahankan untuk taat mengikuti jadwal berolah raga tidaklah mudah.  Biasanya, ada saja alasan untuk membatalkannya.  Mulai dari tidak punya waktu, bosan, agak kurang enak badan atau  juga kurang pede sering dikeluhkan.  Alhasil, batal-lah melakukan kegiatan yang sangat penting itu.
Dr  Phaidon dalam bukunya ‘Fat Loss not Weight Loss” mengatakan betapa banyaknya manfaat menurunkan lemak tubuh dan menggantinya dengan otot.  Bukan hanya manfaat kesehatan namun penampilan juga.  Olahraga akan melepaskan hormon endorphin yang menimbulkan rasa senang dan bahagia.
 
Mayo klinik menyarankan berbagai tips dibawah ini agar anda tetap “on track” dan mendapatkan manfaat badan bugar dan fit karenanya.

  1. Tidak ada waktu
    Ini adalah alasan yang  paling sering muncul.  Biasanya orang yang diajak bicara akan mengerti dan menjadi maklum, sehingga makin berantakanlah jadwal aktifitas fisik yang anda susun.  Karenanya, bagi anda yang merasa sangat sibuk cobalah untuk menyelipkan waktu jalan-jalan sekitar 10 menit.  Misalnya pada saat makan siang, pilihlah tempat makan yang lumayan jauh dan berjalanlah  menuju ketempat itu.  Atau parkirlah sedikit jauh dari tempat kerja.  Kegiatan Sabtu Minggu utuk pergi nonton bersama anak bisa dirubah menjadi bersepeda atau berenang bersama.
  2. Bosan
    Biasanya ini muncul kalau melakukan kegiatan yang itu-itu saja.  Cobalah untuk melakukan aktivitas yang bervariasi.  Kalau biasanya jalan kaki, nah…,  kali ini pilihlah berenang atau naik sepeda.  Mencoba jenis aktifitas baru seperti menari Salsa, Thai boxing, pilates yang sedang tren saat ini bias juga menjadi pilihan aktifitas membakar kalori yang menyenangkan.
  3. Tampilan kurang menarik saat berpakaian olah raga
    Ini seringkali dikeluhkan oleh orang yang berat badannya lebih, sehingga lipatan lipatan lemak banyak menghiasi bagian tubuh.  Jika kurang pede dengan pakaian olah raga yang terlalu pas dibadan, pakailah yang sedikit longgar agar bentuk tubuh tidak nampak nyata.  Namun, cobalah pikirkan manfaat besar dari aktifitas yang anda lakukan.  Tanamkan bahwa anda sekarang sedang melakukan kegiatan untuk  kesehatan jantung dan bayangkan rasa senang dan berstaminanya anda sehabis berolahraga.  Buatlah komitmen untuk terus melakukannya.
  4. Capek setelah bekerja seharian
    “Sudah capek setelah seharian kerja, sehingga rasanya kehabisan energi untuk bergerak”, ini alas an lainnya.  Yang benar saja, padahal tanpa aktifitas fisik anda justru akan lebih kehabisan energi.  Karenanya, gunakan “trik 10 menit”.   Tidak peduli betapapun capeknya anda, tetaplah untuk merencanakan  bergerak selama hanya 10 menit.  Biasanya aktifitas ringan ini akan mebuat anda lebih segar dan tanpa disadari anda sudah bergerak melebihi target anda.  
  5. Malas
    Ini dia biangnya penyebab batalnya jadwal beraktifitas fisik!  Kalau ini dituruti, alamat  kegiatan bakal batal.  Karenanya, buatlah target yang lebih realistik, seperti mulai dengan jalan yang sangat dekat.  Baiklah, hanya 2 kali putaran saja jalan-jalan di dekat rumah.  Namun hari berikutnya, buatlah rencana yang sedikit lebih jauh.  Lama-lama anda akan mulai bersemangat.  Jadikanlah  aktifitas fisik tersebut  lebih menyenangkan.
  6. Wah, aku bukan tipe atlit
    Fokuslah pada perubahan positif yang bakal anda dapatkan.  Olah raga akan menurunkan total kolesterol tubuh dan memperbaiki metabolisme hormon insulin, bahkan mengikis lipatan lemak atau selulit.  Anda akan lebih sehat meskipun anda bukan atlit.
  7. Aku sudah berolah raga, namun berat badan tidak berubah.
    Jangan buru-buru melempar handuk tanda menyerah.  Olah raga rutin terkadang tidak langsung berdampak menurunkan berat badan, namun anda rasakan tubuh menjadi lebih fit dan kekar.  Ini karena lemak tubuh berubah menjadi otot.  Otot  lebih berat dibandingkan lemak.  Kita bisa membandingkan dua orang dengan berat badan dan tinggi yang sama, tampak lebih langsing pada orang yang memiliki otot lebih banyak. Dan setiap perubahan 1kg otot akan membakar 60kcal energi perhari lebih banyak.
  8. Mahal
    Anda tidak harus menjadi anggota arena gym untuk melakukan aktifitas fisik..  Carilah alternatif yang mudah, murah dan juga menyenangkan namun tetap aktif .  Misalnya saja;  exercise di rumah dengan memutar CD atau kaset.   Angkatlah botol minuman kemasan yang berisi air seolah-olah barbel untuk menguatkan otot tangan anda.   Atau anda juga bisa berdansa bersama pasangan.  Perbanyaklah kegiatan yang tidak perlu membayar namun tetap mengasyikan.
  9. Takut sakit
    Jika anda takut sakit atau nyeri setelah berolah raga, pastikan anda berolah raga dengan cara yang benar.  Lakukanlah pemanasan sebelum beraktifitas.  Pelan-pelan, mulailah dari yang mudah dan  singkat, jangan berlebihan.
    Atau anda juga bisa meminta instruktur yang akan menuntun anda untuk melakukan aktifitas fisik dengan benar.
  10. Kurang dukungan keluarga dan teman
    Lainkali anda mengajak anak berenang. Ikutlah berenang bersama dia dari pada hanya mengawasinya dipinggir kolam.  Selain bisa menghabiskan waktu bersama si kecil, fisik anda juga akan ikut bergerak.

Share artikel ini:

Artikel Terkait