Alpukat, Obat Ampuh Menurunkan Kolesterol

Salah satu makanan penurun kolesterol yang mudah didapatkan dan diolah menjadi berbagai macam menu makanan adalah alpukat. Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang dapat menjadi sumber energi untuk tubuh. Riset Dr.Mercola dari American Heart Association menyatakan bahwa mengkonsumsi alpukat juga baik untuk mengontrol kandungan gula dalam darah karena buah ini rendah fruktosa.


Satu buah alpukat rata-rata mengandung 22.5 gram lemak, dua pertiganya adalah lemak tak jenuh. Nutrisi lain yang terkandung dalam alpukat antara lain serat, vitamin E, Vitamin B, asam folid, dan potasium. Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki oleh alpukat, tentunya tak perlu diragukan lagi khasiat buah ini untuk kesehatan. Alpukat juga terkenal sebagai makanan penurun kolesterol, lho.


Menurut studi dari Journal of the American Heart Association, mengkonsumsi satu alpukat sehari bisa menurunkan tingkat kolesterol yang buruk dalam tubuh, terutama untuk orang yang kelebihan berat badan. Kolesterol merupakan lemak alami yang diproduksi oleh tubuh, namun bila terlalu banyak kandungan kolesterol akibat makanan yang tidak sehat bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Alpukat dengan kandungan lemak tak jenuhnya dapat menjadi makanan penurun kolesterol dan menghindari tubuh terserang penyakit tersebut bila dikonsumsi secara teratur.


"Alpukat mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk tubuh. Lemak tak jenuh yang ada dalam alpukat sangat membantu membasmi kolesterol yang buruk untuk tubuh di dalam darah," kata Cara Sloss, juru bicara British Dietetic Association. "Riset menunjukan sebagai makanan penurun kolesterol, alpukat mengurangi resiko stroke, kanker dan penyakit pembuluh darah serta mengontrol kadar gula dalam darah. Alpukat merupakan buah yang tepat untuk diet rendah kolesterol," lanjutnya.


Untuk konsumsi sehari-hari, Alpukat bisa menjadi salah satu bahan pelengkap salad ataupun roti lapis. Kandungan lemak yang ada di dalam alpukat cukup untuk memberi Anda energi untuk beraktifitas sehari-hari, sekaligus tetap menjaga kesehatan tubuh.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait