@shutterstock

Alternatif Bahan Utama Masakan

Setiap masakan memiliki resep dan ketentuan bahan makanan tertentu. Namun, jika bahan makanan tertentu tidak ada, bisa kok digantikan dengan bahan makanan lain.  Budi Sutomo, S.Pd., kontributor Nestle, mengatakan memasak bukanlah ilmu pasti seperti sains namun memasak adalah seni dimana setiap orang bisa bebas berkreasi. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis bahan makanan yang bisa menjadi alternatif untuk menggantikan bahan makanan lain.

Ganti pewarna hijau dengan daun suji
Sebaiknya ganti pewarna makanan hijau dengan daun suji yang bebas bahan kimia dan pengawet. Caranya mudah saja kok, tumbuk daun suji kemudian peras airnya dan teteskan pada adonan yang akan digunakan. Selain lebih sehat, daun suji juga memiliki aroma yang lebih harum lho.

Ganti tepung maizena dengan tepung pengganti
Tepung maizena sering digunakan untuk mengentalkan masakan atau saus. Jika tidak tersedia di lemari, gunakan saja tepung kanji, tepung beras atau tepung terigu. Pada umumnya sifat tepung ini sama yaitu mengentalkan masakan.

Ganti zucchini dengan timun Jepang
Zucchini adalah jenis sayur seperti timun yang cukup susah dicari di pasaran serta memiliki harga yang cukup mahal. Anda bisa menggantinya dengan timun Jepang karena memiliki tekstur dan rasa yang hampir sama.

Ganti okra dengan oyong
Ciri khas masakan Eropa dan Timur Tengah adalah menggunakan okra sebagai bahan utamanya. Jika kesulitan menemukannnya saat akan mencoba resep ala Eropa, oyong bisa menjadi penggantinya lho. Jika dilihat dari rasa, tekstur dan warnanya okra dan oyong sangat mirip dan sama lezatnya.

Ganti mentega dengan margarin
Banyak resep kue dan makanan yang menggunakan mentega atau butter dalam pengolahannya. Mahalnya harga mentega kadang bisa membuat pusing kepala. Tapi jangan khawatir, Anda bisa menggantinya dengan margarin si lemak nabati yang lebih sehat dan pastinya lebih murah

Kini saatnya Anda berpikir out of the box ya. Jangan hanya terpaku pada bahan makanan yang ada di dalam resep saja. Mari berkreasi untuk menyajikan makanan sehat dan hemat bagi anggota keluarga. Semoga bermanfaat ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait