Alternatif Camilan Sehat Pengganti Potato Chips

Siapa sih yang bakalan menolak saat disajikan keripik kentang di tengah waktu santai? Mayoritas orang akan menerima dan menikmatinya. Rasanya yang gurih, memang pas disajikan sebagai camilan. Sayangnya, potato chips kurang baik untuk kesehatan. Tingginya kalori dan lemak trans yang dihasilkan  membuat makanan ini sering dihapus dari daftar menu pola makan sehat.

Tak perlu kecewa, karena Anda dapat menggantinya dengan camilan sehat berikut ini.

Beetroot chips

Berbeda dengan potato chips yang tinggi kalori, beetroot chips hadir sebagai camilan yang tinggi antioksidan. Kabar baiknya, keripik buah ini tidak digoreng melainkan dioven, sehingga bisa mengurangi kadar lemak trans yang dimakan. Diana White, praktisi kesehatan Amerika , menuturkan keripik buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Banana chips

Keripik pisang bisa jadi camilan asing bagi lidah orang Indonesia. Bedanya, keripik pisang di sini dioven tidak digoreng untuk meminimalkan asupan lemak trans. Diana menyampaikan banana chips kaya serat dan kalium. Kedua zat gizi ini amat baik untuk mendukung pasokan energi. Bukan hanya untuk orang dewasa, camilan ini juga sehat dihidangkan kepada si kecil.

Tofu chips

Berbicara tentang tofu chips yang ada dibenak mungkin tahu goreng yang dimakan hangat-hangat dengan cabai hijau. Hanya saja bentuknya lebih kecil dan digoreng lebih kering. Tenang beberapa tofu chips diolah dengan menggunakan minyak yang sehat. Lantas yang membedakan dengan potato chips? Diana mengatakan tofu chips  mengandung banyak protein dan rendah kalori.

Tortilla chips

Makanan yang ini sering disajikan sebagai camilan dalam menu pola makan sehat. Asal, Anda membuatnya sendiri. Hal ini dikarenakan tortilla chips yang ada di pasaran banyak mengandung garam dan minyak yang bisa menyumbangkan kalori yang berlebihan bagi tubuh. Membuatnya sendiri dapat membantu Anda mengontrol asupan minyak dan gula berlebihan.

Selamat menikmati camilan sehat bersama si kecil dan keluarga ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait