@shutterstock

Alternatif Gula Sehat Untuk Dessert

Hidangan pencuci mulut atau dessert tidak bisa lepas dari gula. Tidak lengkap rasanya jika menikmati hidangan ini tanpa rasa manis. Banyak cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa tetap menikmati hidangan pencuci mulut ini tanpa harus khawatir. Gula alternatif bisa menjadi pilihan yang tepat, berikut di antaranya:

Madu
Meskipun madu memiliki kalori 5 kali lebih banyak dari alternatif gula lainnya dalam satu sendok teh, Anda bisa menggunakannya kurang dari itu untuk mendapatkan rasa manis yang setara dengan gula. Rasa madu lebih manis dari gula dan memiliki kandungan mineral dan kalsium. Walaupun angkanya sangat kecil, setidaknya madu memiliki kandungan gizi yang tidak dimiliki oleh gula.

Tambahkan ¼ cangkir madu untuk menggantikan gula yang ada pada resep kue Anda, kurangi juga penggunaan air dan tambahkan baking soda agar tidak gosong ketika dipanggang.

Sirup Maple
Sirup yang terbuat dari getah pohon maple ini memiliki kandungan kecil mineral yang tidak dimiliki oleh gula. Ketika menggunakan sirup maple sebagai pengganti gula dalam resep kue Anda, ikuti langkah yang sama seperti penggunaan madu. Warna hidangan dessert Anda mungkin lebih kuning atau lebih cokelat dari biasanya karena bercampur dengan warna dari sirup maple ini.

Perasan Jeruk
Jeruk memang buah yang sangat kaya. Perasan air jeruk bisa digunakan sebagai pengganti gula pada hidangan salad yang Anda buat. Perasan air jeruk akan memberikan rasa asam manis yang menyegarkan dan meningkatkan asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh.

Agave Nektar
Agave Nektar biasa disebut dengan sirup agave. Sirup agave terbuat dari ekstrak tanaman agave, yaitu tanaman yang banyak ditumbuh di daerah beriklim panas. Menurut The American Diabetes Association, madu dan sirup agave memilik tingkat indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula, yang berarti madu dan sirup agave tidak akan membuat gula darah Anda naik dengan cepat.

Anda juga bisa menggunakan jus buah sebagai alternatif pengganti gula. Jus buah akan memberikan rasa manis dari kandungan gula alami dan memberikan banyak nutrisi lain yang tidak bisa diberikan oleh gula.

Nah, sekarang tidak perlu khawatir lagi untuk mencicipi dessert kesukaan Anda. Kreasikan resep hidangan penutup favorit dengan bahan-bahan pengganti gula tersebut. Selamat mencoba!

Share artikel ini:

Artikel Terkait