Apa Itu Asam Amino?

Bagi sebagian besar orang, Asam amino merupakan istilah yang tak asing didengar atau dilihat. Biasanya, mudah ditemukan dalam iklan susu atau produk kemasan sebuah makanan atau minuman. Asam amino memang menjadi salah satu komponen nutrisi yang cukup penting bagi tubuh. Secara lebih rinci, Dr. Handrawan Nadesul yang merupakan contributor Nestle menjelaskan sebagai berikut.

Menurut Dr. Handrawan, asam amino itu diibaratkan sebuah material gedung. Tanpa material yang cukup sebuah gedung begitu mustahil untuk dibangun. Demikian pula dengan tubuh, tanpa asam amino yang cukup tubuh tak dapat berfungsi dengan baik. Asam amino merupakan perpecahan yang lebih sederhana dari sebuah protein.

Dalam sebuah protein, Anda dapat menemukan bermacam-macam asam amino. Semakin tinggi nilai suatu protein, maka semakin banyak asam amino yang dihasilkan. Asam amino ini akan berperan dalam pembentukan sel darah merah dan mengikat lemak. Selain itu, asam amino ini juga bisa membantu meningkatkan kinerja otak. Apalagi bagi si kecil yang sedang dalam proses pertumbuhan, maka kebutuhan makanan yang tnggi asam amino sangat diperlukan.

Beragam protein hewani dan nabati menjadi sumber asam amino yang baik untuk dikonsumsi. Telur menjadi sumber protein sekaligus asam amino yang sangat tinggi. Oleh karena itu, telur dimasukkan ke dalam makanan sumber protein berkualitas tinggi.

Selain telur, asam amino juga dapat ditemukan dalam ikan seperti salmon dan tuna. Anda juga bisa menemukan makanan sumber asam amino dari tumbuhan.  Misalnya saja, kacang-kacangan, kedelai, buah dan juah sayuran. Walau demikian, jumlah asam amino yang terkandung dalam makanan nabati tidak sebanyak yang dari hewani, sehingga Anda tetap dianjurkan memberikan porsi sajian makanan yang besumber dari hewani secara lebih banyak.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait