Asupan Tepat Untuk Sahur Sehat

Bulan puasa telah tiba, saatnya bagi Ibu menyiapkan santap sahur untuk seluruh anggota keluarga. Memang menyiapkan makan sahur saat pagi-pagi buta menjadi sebuah kesibukan tersendiri, namun bukan berarti Ibu menyiapkan hidangan makanan asal jadi. Oleh karena itu, penting bagi Ibu merencanakan dan menentukan menu makanan sahur yang tepat untuk seluruh anggota keluarga.

Makan sahur sangat penting sebagai bekal energi untuk dapat beraktivitas sepanjang hari saat berpuasa. Tentu Ibu tidak ingin seluruh anggota keluarga berpuasa dengan badan lemas karena kurangnya asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi saat sahur. Oleh karena itu, Ibu harus memperhatikan kandungan gizi yang tedapat dalam menu makan sahur agar memiliki gizi yang seimbang. Makanan sahur sebaiknya terdiri dari :

 

Karbohidrat Kompleks

Meskipun berpuasa, tubuh tetap membutuhkan energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Oleh karena itu menu makan sahur harus bisa memberikan energi yang cukup dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sebagai sumber energi bagi tubuh.

Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, yang akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak mudah cepat lapar. Karbohidrat kompleks bisa didapat dengan mengonsumsi nasi merah, roti gandum, sereal yang terbuat dari gandum utuh, dan sebagainya. Karbohidrat kompleks mengandung tinggi serat sehingga tidak mudah dipecah dan penyerapannya pelan-pelan, sehingga akan memberikan energi secara bertahap.

 

Protein

Selain karbohidrat, Ibu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, agar tubuh tetap berenergi sepanjang seharian berpuasa. Selain itu, asupan protein akan memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga tubuh tidak cepat merasa lapar.  Sumber protein nabati bisa Ibu dapatkan dari tempe, tahu, susu kedelai, sedangkan protein hewani bisa didapat dari ikan, telur, daging dan susu.

 

Lemak

Asupan lemak dalam menu makan sahur juga penting untuk memberikan energi bagi tubuh. Namun sebaiknya pilihlah lemak sehat, seperti ikan dan daging dada ayam. Hindari lemak jenuh karena mengandung radikal bebas yang tidak baik untuk tubuh. Agar semakin sehat, hindari makanan yang digoreng dengan minyak goreng karena mengandung lemak trans. Sebaiknya beralih ke makanan yang diolah dengan cara direbus, dibakar atau dipanggang.

 

Vitamin dan Mineral

Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral saat sahur dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur segar. Saat sahur konsumsi minimal dua jenis buah untuk memberikan banyak energi saat berpuasa. Selain itu, buah dan sayur juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan penting untuk daya tahan tubuh.

 

Selalu jaga kebaikan sahur dengan memperhatikan kandungan gizi seperti di atas agar puasa berjalan lancar dan maksimal. Lengkapi juga sahur Ibu dan keluarga dengan minum BEAR BRAND 1 kaleng saat sahur. Karena sahur dengan dengan yang baik penting untuk jalani puasa penuh kebaikan.

BEAR BRAND, Rasakan Kemurniannya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait