©shutterstock

Asyik Ada Maraton, Ikutan Yuk!

Lari maraton merupakan salah satu cabang olahraga lari yang sangat populer di masyarakat. Tapi, tidak seperti olahraga lari yang dikenal pada umumnya, maraton adalah lomba lari yang menempuh lebih dari 3000m. Wah, karena jarak tempuhnya yang sangat jauh, lomba ini tidak diadakan di stadion melainkan di jalan raya atau di jalan pegunungan. Jika Anda tertarik untuk mengikuti lomba maraton, pastikan Anda sudah mempersiapkan beberapa hal berikut ini ya.

Latihan lari
Bagi Anda yang masih pemula, menjadi pelari tercepat bukanlah tujuan utamanya, cukup bertahan hingga garis finis sudah sangat hebat kok. Lakukan latihan secara bertahap setiap hari dengan lari-lari ringan terlebih dahulu. Jangan lari terlalu jauh dulu, karena tubuh yang belum terbiasa bisa mengalami kram.

Cukupi kebutuhan cairan tubuh
Sebelum lomba, pastikan Anda telah mengonsumsi cairan tubuh yang cukup. Hal ini penting untuk menjaga kekuatan saat berlari. Paling tidak minum 500-600ml air putih (bukan es).

Memakai sepatu yang sesuai
Jika ingin bertahan hingga garis finis, pakailah sepatu olahraga yang di desain khusus untk berlari. Pastikan juga ukurannya pas dan nyaman di kaki. Dengan sepatu yang nyaman akan memudahkan langkah Anda saat berlari.

Itu dia persiapan yang harus dilakukan sebelum mengikuti lomba maraton ya. Olahraga ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh lho, di antaranya, mengurangi berat badan, membantu penguatan tulang, dan menormalkan kadar gula darah. Wah, selamat mengikuti lomba maraton ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait