@shutterstock

Aturan Keselamatan Si Kecil Kala Renang

Byuur... suara si kecil yang begitu riang berenang di kolam renang belakang rumah. Melihat dia begitu senang bermain air tentu tak langsung terjadi begitu saja. Renang termasuk salah satu jenis olahraga air yang baik untuk membentuk tubuh anak. Sebagai manusia yang memang tak diciptakan untuk hidup di air, perlu dilakukan latihan secara terus-menerus agar bisa lihai untuk berenang.

Sebelum si kecil memulai latihan berenang maupun memulainya langsung, coba ikuti aturan sederhana tentang keselamatan berenang buat anak-anak berikut ini.

Jangan berlarian di dekat kolam renang
Bermain dan berlarian memang sudah menjadi kegemaran anak-anak. Tapi, pastikan hal itu tidak terjadi saat si kecil sedang berada di kolam renang. Lantai yang licin akibat genangan air dari kolam bisa membuat si kecil terpeleset. Belum lagi saat si kecil berlarian cukup kencang dan terpelesetnya jatuh ke belakang, kepalanya pun berisiko mengalami benturan.

Berenang dengan orang dewasa
Sepintar apapun buah hati Anda berenang, jangan sekali-kali membiarkannya berenang sendirian. Temani atau ajak dia berenang bersama-sama. Sebab, pemahaman anak-anak tentang keselamatan berenang belum begitu matang. Apalagi saat dia mengalami kram, bisa berbahaya saat sedang berenang sendirian.

Jangan makan
Santaplah makanan sesudah berenang dan jangan mengunyah makanan saat sedang berenang. James Patterson, ahli kesehatan dari National Institute of Health Amerika, menjelaskan makan sambil berenang sambil berenang dapat membuat pencernaan terganggu. Gerakan otot perut saat berenang dapat mendorong makanan yang ada dalam perut ke luar. Bahkan, sebatas mengunyah permen karet juga tidak disarankan karena bisa menyebabkan tersedak. Kontraksi otot yang terjadi bersamaan saat renang dengan proses pencernaan juga mudah menimbulkan kram.

Jangan berenang saat hujan
Air hujan banyak membawa bakteri maupun virus yang bertebaran di udara. Hal ini akan secara langsung bercampur dengan air di kolam renang. Jika si kecil berenang saat hujan, dimungkinkan akan lebih mudah terjangkit penyakit karena mau tak mau berenang juga memiliki risiko untuk tertelan air kolam. Demikian yang disampaikan oleh James Patterson.

Mulai ajak si kecil berenang yang aman dari sekarang ya, Bu!

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait