Awali Hari dengan Mengonsumsi Kebaikan Gandum Utuh dari Sereal Sarapan Nestlé

Menurut dr. Yoga Devaera, SpA(K), dokter spesialis anak di bidang keahlian nutrisi metabolik, menyajikan semangkuk sereal sebagai sarapan bernutrisi untuk seluruh anggota keluarga adalah solusi yang tepat.

Dr. Yoga Devaera, SpA(K) juga mengatakan, bahwa sarapan haruslah 15-35% kebutuhan total energi perhari dan mendukung tumbuh kembang anak yang optimal. Sarapan yang sehat adalah yang mengandung unsur 3G, yakni Go, Grow, Glow, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ece Durukan, Regional Nutrition and External Affairs CPW AMA, juga menambahkan bahwa sarapan bukan sekedar mengenyangkan saja. Tetapi haruslah memenuhi asupan gizi seimbang, salah satunya bagiannya diadapatkan dari biji-bijian, yakni bisa didapat dari nasi atau gandum. Serta rekomendasi nasional, yakni setengah dari gandum yang dikonsumsi mesti gandum utuh.

Apa yang dimaksud dengan gandum utuh? “Gandum yang utuh adalah biji gandum yang belum dilepas dari kulitnya," jelas Ece Durukan.

Bran adalah bagian luar gandum yang kaya akan serat antioksidan, vitamin B, dan mineral, sedangkan Germ adalah bagian yang kaya akan nutrisi, dan Endosperm kaya akan protein dan karbohidrat.

Gandum utuh berbeda dengan gandum biasa. Kebanyakan gandum biasa ketika diproses untuk menghasilkan produk "putih" seperti tepung putih dan beras putih, yang digunakan hanya bagian tengah dari gandum tersebut. Bagian luar dan dalamnya dibuang, bersamaan dengan sebagian besar gizi gandum tersebut. Gandum utuh mengandung lebih banyak gizi dan manfaat untuk kesehatan dibandingkan gandum olahan. Maka tak heran banyak para ahli gizi yang lebih merekomendasikan gandum utuh dibandingkan gandum olahan dalam makanan.

Mengapa harus yang terbuat dari gandum utuh? Seperti halnya buah-buahan dan sayuran, gandum utuh adalah bagian penting dari makanan sehat yang seimbang. Oleh karena itu, meningkatkan konsumsi gandum utuh dalam menu makanan sehari-hari sangat direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan para ahli di seluruh dunia.

Memulai hari dengan mengonsumsi sarapan sereal gandum utuh merupakan cara terbaik untuk memulai hari, dimana seperempat kebutuhan energi, vitamin, mineral dan serat kita telah terpenuhi. Ini juga salah satu cara terlezat untuk meningkatkan asupan gandum utuh kita.

Sereal yang terbuat dari gandum utuh mempunyai kandungan serat tertinggi. Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan kesehatan usus dengan membantu menjaga proses pencernaan dan buang air, serta dapat menjaga keberadaan bakteri baik dalam usus. Di samping itu, serat yang melimpah dalam sereal bisa membantu proses penyerapan gizi dalam tubuh, sehingga membuat perut tak mudah lapar.

Baca Juga: Manfaat Gandum Utuh Bagi Si Kecil

Sayangnya manfaat gandum utuh belum banyak dirasakan manfaatnya oleh anak-anak, padahal ahli gizi seluruh dunia menyarankan konsumsi biji-bijian atau gandum utuh setidaknya 48 gram sehari untuk memenuhi asupan gizi seseorang, seperti yang diungkap oleh Ece Durukan.

Tahukah Ibu, ternyata kandungan nutrisi dan kebaikan gandum utuh yang dibutuhkan si kecil bisa Ibu dapatkan dalam sereal sarapan Nestlé lho! Diformulasikan khusus untuk membantu memenuhi asupan gizi anak, sereal sarapan Nestlé terbuat dari gandum utuh (whole grain) yang akan memberikan karbohidrat dan serat. Tak hanya itu, semua sereal sarapan Nestlé mengandung vitamin dan mineral, sebanyak 25% vitamin dan mineral per sajian dari asupan harian yang direkomendasikan, yakni mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, C, Kalsium dan Zat Besi.

Perlu Ibu ketahui, bahwa nilai gizi dalam satu Mangkuk Nestlé Koko krunch setara dengan serat dalam dua lembar roti. Nutrisi yang terkandung dalam semangkuk sereal sarapan KOKO Krunch ditambah dengan susu adalah 190 kkal energy, 6 gr kkal protein, 4 gr lemak, 3 gr serat dan 420 mg kalsium. Tentunya cukup untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan Ibu, si kecil dan seluruh anggota keluarga agar bisa beraktivitas dengan optimal.

Rutinlah mengonsumsi sereal sarapan Nestlé setiap pagi. Ibu bisa menambahkan dengan susu segar dan berkreasi dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pisang, kiwi, stroberi maupun kacang-kacangan utuh seperti almond yang bisa langsung dimakan bersamaan dengan sereal. Selain bisa membuat rasa sereal lebih lezat dan menggugah selera, kombinasi buah dan sereal juga dapat membantu meningkatkan asupan serat hariannya. 

Share artikel ini:

Artikel Terkait