Ayo Buat Sendiri Cemilan Sehat untuk Si Kecil

Tahukah Ibu, cemilan bukan hanya untuk mengganjal perut si Kecil, lho. Si Kecil membutuhkan cemilan untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Jadi, tentu cemilan yang diberikan untuk si Kecil perlu kaya gizi. Yuk, buat sendiri cemilan sehat untuk anak di rumah. Karena, dengan membuat sendiri cemilan sehat untuk si Kecil, Ibu dapat memastikan kandungan gizi dan kebersihan cemilan tersebut. Agar lebih praktis, Ibu dapat membuatnya terlebih dahulu dan disimpan untuk kemudian dinikmati si Kecil sepulang sekolah atau di sore hari. Berikut ini adalah beberapa ide cemilan sehat anak yang dapat Ibu buat dengan mudah.

  1. Pisang Goreng Kayu Manis

Mau membuat pisang goreng untuk si Kecil? Jika di rumah Ibu ada pisang yang sudah terlalu matang, Ibu dapat mengolahnya menjadi camilan pisang goreng yang lain dari biasanya ini. Potong-potong pisang pisang memanjang atau potong kecil setebal 1 cm dan sisihkan. Di dalam mangkuk campurkan bubuk kayu manis dan gula. Panaskan sedikit minyak di atas wajan datar dan letakkan potongan pisang. Taburi dengan campuran kayu manis sampai kecoklatan, balik pisan dan taburi sekali lagi. Angkat dan hidangkan setelah pisang hangat dan lunak.

  1. Pisang Lapis Coklat

Pisang adalah pilihan buah yang tepat untuk dijadikan cemilan si Kecil karena kaya akan potassium, vitamin B dan sumber serat yang baik. Potong-potong pisang, pasang tusuk gigi, kemudian susun di loyang dan bekukan. Langkah berikutnya adalah celupkan pisang tadi di coklat yang sudah dicairkan, taburi kelapa parut atau kacang yang sudah dihaluskan kemudian kembali bekukan. Keluarkan dari freezer 30 menit sebelum diberikan pada si Kecil ya, Bu.

  1. Crackers Keju

Yuk, buat crackers keju sendiri di rumah. Caranya tak sesulit yang Ibu bayangkan, kok.Masukkan 1 cup tepung gandum dan ½ sdt garam ke food processor atau blender. Campur sejenak kemudian tambahkan 4 sdm mentega tawar dan campur lagi sebentar baru kemudian tambahkan 1 cup keju parut dan haluskan. Tambahkan 3 sdm air secara bertahap sambil terus dihaluskan sehingga adonan membulat. Ratakan adonan dan dinginkan 10-20 menit sebelum digiling menjadi lembaran tipis. Ajak si Kecil memotong adonan crackers dengan cookie cutter aneka bentuk kemudian panggang selama 15-20 menit. Simpan cracker yang sudah jadi di toples rapat untuk dinikmati si Kecil kapan saja.

  1. Es Loli Yogurt

Si Kecil pasti suka makan es krim atau es loli, bukan? Nah, es loli yang satu ini bukan hanya menyegarkan, tetapi juga bernutrisi dan mudah dibuat. Ibu dapat menggunakan cetakan es loli yang banyak dijual di pasaran. Campur yogurt tawar dengan aneka buah kesukaan si Kecil atau Ibu juga dapat mencampur dengan selai buah. Tambahkan madu jika si Kecil suka rasa manis kemudian tuang ke dalam cetakan dan bekukan. Mudah kan, Bu? Ajak si Kecil ketika Ibu membuatnya, ya.

  1. Keripik Ubi

Keripik ubi bisa jadi pilihan cemilan sehat yang tepat untuk mengganti keripik cemilan ringan yang banyak dijual di pasaran. Pertama-tama, panaskan oven kemudian potong-potong ubi yang sudah dibersihkan menjadi lembaran tipis. Ibu tak perlu mengupas kulitnya. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan minyak zaitun dan aduk sampai ubi terlapisi minyak zaitun secara merata. Susun di atas loyang dengan kertas kue dan panggang selama 40 menit untuk satu sisi, balik ubi dan panggang lagi selama 40 menit. Jika sudah matang, taburi sedikit lada hitam dan garam laut. Simpan di dalam toples rapat agar tetap renyah ya, Bu.

  1. Biskuit Oat Renyah

Si Kecil bosan dengan biscuit coklat yang biasa Ibu buat? Yuk, coba resep biskuit oat ini. Pertama-tama, campur 100 gr oat, 100 gr tepung dan 1 sdt bubuk kayu manis. Lelehkan 100 gr mentega, 100 gr gula kastor dan 1 sdm madi di wajan. Kemudian campur dengan oat dan tepung, aduk hingga rata. Menggunakan 2 sendok bentuk adonan menjadi bola-bola kecil dan susun di loyang yang sudah dilapis kertas roti. Basahkan sendok dan tekan bola-bola tadi perlahan. Panggang selama 20 menit sampai kecoklatan dan dinginkan di rak sebelum dipindahkan ke dalam toples.

Bagaimana Bu, menarik dan unik bukan ide camilan sehat diatas? Atau Ibu punya ide camilan sehat lainnya yang lebih menarik? Tulis di kolom komentar di bawah ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait