©shutterstock

Badan Bugar Stres Hilang Dengan Olahraga

Di era yang serba cepat ini, semakin banyak orang mengalami stres dikarenakan tekanan dan ketegangan secara fisik dan mental. Rasa putus asa, kehilangan semangat hidup dan kehilangan semangat adalah ciri dari stres. Tidak banyak orang yang bisa mengendalikan stres, hal ini tidak hanya berdampak pada karir atau kehidupan Anda saja tapi juga pada kesehatan.

Dalam kesehatan stres adalah awal dari berbagai macam penyakit degeneratif, seperti kolesterol, hipertensi, diabetes dan lain sebagainya. Oleh karena itu, saat Anda merasa mengalami stres carilah jalan keluar untuk mengatasinya. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres, salah satunya dengan berolahraga. Penasaran  bagaimana olahraga bisa menghilangkan stres?

Manusia dirancang untuk bergerak, oleh karena itu berolahraga sangatlah penting untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menghilangkan stres. Saat berolahraga, tubuh meningkatkan produksi endorfin atau hormon bahagia yang secara alami dapat memerangi efek negatif dari stres. Setiap bentuk aktivitas fisik menyebabkan pelepasan neurotransmiter yang meningkatkan produksi endorfin dalam tubuh. Nah, endorfin ini menyebabkan perasaan euforia, meningkatkan nafsu makan dan juga peningkatan imun tubuh.

Olahraga juga membantu melemaskan otot-otot yang tegang karena stres. Biasanya dalam keadaan stres, beberapa bagian tubuh mengalami nyeri seperti pada bagian leher, punggung dan sakit kepala. Dengan olahraga, dapat memperlancar aliran darah dan mengembalikan kebugaran tubuh. Manfaat lain dari olaharaga adalah Anda dapat sedikit melupakan permasalahan yang ada dan membuat lebih fokus.

Olahraga memiliki manfaat yang begitu besar bagi tubuh, baik secara fisik maupun mental. Lalu, kenapa masih ada saja alasan untuk tidak berolahraga? Silahkan atur jadwal dan mulailah berolahraga untuk hidup lebih sehat bebas stres ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait