©shutterstock

Bawa Nutrisi Sayuran Pelangi ke Piring Anda

Salah satu trik paling sederhana untuk mendapatkan nutrisi yang baik bagi si kecil adalah memberinya variasi sayuran yang beraneka warna. Pigmen yang menimbulkan warna-warni pada sayuran disebut phytonutrient. Punya fungsi mirip antioksidan, bahan alami pada tanaman ini mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Yuk sajikan sayuran warna-warni dalam menu makan si kecil, untuk mendapatkan gizi terbaik bagi tumbuh kembangnya.

Merah

Warna merah pada sayuran biasanya merupakan tanda tinggi kandungan vitamin A (beta carotene) dan C, selain itu juga tinggi mineral dan serat. Menurut situs Livestrong, warna merah pada sayur disebabkan kandungan lycopene dan anthocyanins, antioksidan yang ampuh tangkal radikal bebas. Masukkan tomat, bit, dan paprika merah dalam menu makanan sehari-hari si kecil

Kuning dan oranye

Diwakili oleh wortel, ubi, labu, dan juga paprika kuning, warna kuning yang dimiliki sayuran tersebut berasal dari tingginya kadar carotene di dalamnya. Seperti dilansir di situs Livestrong, zat tersebut kemudian diubah oleh tubuh si kecil menjadi vitamin A, yang berperan penting dalam menjaga fungsi mata.

Biru dan ungu

Walau jarang ditemui, sayuran berwarna biru atau ungu seperti radicchio, kol ungu, dan wortel ungu mempunyai antioksidan terkuat yang disebut anthocyanin. Menurut penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health, mengonsumsi 2-5 porsi buah atau sayur yang tinggi anthocyanin, dapat menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2. Jangan ragu untuk memberikan sayuran ini pada si kecil ya, Bu.

Putih

Kumpulan pigmen bernama anthoxanthin bertanggung jawab atas warna putih kekuningan pada sayur. Situs Everydayhealth menyebutkan mengonsumsi kembang kol dan singkong dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil akan vitamin C, K, dan folat. Jangan lupakan bawang putih dan bombay yang kaya senyawa allicin, untuk membantu menjaga kesehatan jantung.

Hijau

Sayuran yang paling umum ditemui adalah yang berwarna hijau. Ahli nutrisi Kathy Taylor merekomendasikan untuk memasukkan bayam ke dalam menu konsumsi si kecil. Selain tinggi serat, sayuran berdaun hijau tua ini kaya akan lutein yang menjaga kesehatan mata, dan folat untuk regenerasi sel-sel di tubuh.

Sajikan sayuran aneka warna ini pada si kecil. Selain sebagai variasi untuk memancing nafsu makan anak, juga bagus untuk menjaga kesehatannya. Selamat berkreasi ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait