vote

Begini Cara Menyembuhkan Penyakit Cacar Air Tanpa Bekas

Penyakit cacar meninggalkan bekas-bekas di kulit yang sulit dihilangkan. Tapi tak perlu khawatir, karena ada bahan-bahan alami yang bisa membantu menghilangkan bekas-bekas cacar di kulit dengan cepat.

  • Rate Artikel ini

Penyakit cacar adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster, biasanya diderita oleh anak-anak di bawah 10 tahun, meski juga tak jarang menyerang orang dewasa. Gejalanya adalah muncul ruam-ruam pada kulit disertai dengan demam. Penyakit cacar dapat menghilangkan bekas di kulit yang sulit untuk dihilangkan. Tentu membuat tidak percaya diri dengan penampilan, apalagi bila bekasnya ada di wajah. Tapi tenang saja, ada cara menyembuhkan penyakit cacar hingga tak berbekas hanya dengan menggunakan bahan-bahan dapur. Simak tipsnya berikut ini.

1. Lidah Buaya

Tumbuhan satu ini dapat menghilangkan noda hitam atau kemerahan di kulit, juga menghaluskan bekas luka. Tak terkecuali bekas luka akibat penyakit cacar. Caranya mudah, hanya dengan mengoleskan sari lidah buaya ke bekas cacar dan diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air. Lakukan rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Madu Murni

Mengoleskan madu murni juga merupakan salah satu cara menyembuhkan penyakit cacar yang ampuh. Madu mampu mengatasi keluhan-keluhan pada kulit dan mengeringkan bekas penyakit cacar. Jangan lupa, gunakan madu murni yang tidak mengandung pengawet dan bahan-bahan kimia.

3. Lemon

Buah lemon kaya akan vitamin C, yang bisa mencerahkan kulit dan menghilangkan bintik hitam di kulit seperti bekas cacar. Cara menyembuhkan penyakit cacar tanpa bekas dengan lemon adalah mengoleskan air perasan lemon ke bekas cacar. Mungkin akan terasa pedih di luka terbuka, tapi membuatnya cepat kering. Hindari terkena sinar matahari langsung saat menggunakan lemon di kulit.

4. Air Kelapa

Air kelapa dikenal sebagai minuman detoks alami yang dapat membersihkan racun dalam tubuh. Tak hanya itu, membersihkan tubuh dan wajah secara rutin menggunakan air kelapa juga ternyata bisa menghilangkan bekas penyakit cacar, juga bekas-bekas luka lainnya. Kulit pun kembali mulus bila dilakukan secara rutin.

5. Kacang Hijau

Rendam kacang hijau semalaman dalam air, lalu saring dan haluskan. Kemudian, campurkan sedikit air hangat di kacang hijau yang telah dihaluskan tersebut dan oleskan seperti lulur di tubuh dan wajah. Setelah mengering, bilas dengan air. Kacang hijau bisa mempercepat hilangnya bekas penyakit cacar dengan cara ini.

6. Baking Soda

Baking soda memang umumnya digunakan untuk masakan, tapi juga memiliki manfaat bagi kulit. Mengoleskan baking soda di kulit bisa mengurangi gatal-gatal dan memberikan rasa sejuk, serta mengembalikan kelembaban kulit.

7. Konsultasikan ke Dokter

Bila bekas-bekas cacar masih gatal dan tidak kunjung hilang juga setelah beberapa minggu, konsultasikan ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Artikel Terkait

Terbaru