Benarkah Sarapan Oatmeal Bisa Cepat Menurunkan Berat Badan?

Sarapan pagi sangat baik dikonsumsi untuk memulai aktivitas. Selain memberikan asupan zat gizi yang dibutuhkan tubuh, sarapan juga bermanfaat untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Bagi Ibu yang merasa bobot tubuhnya berlebihan, bisa mengonsumsi makanan yang satu ini sebagai menu sarapan sehat. Apakah itu?

Menurut studi dari Metabolic Research Center, mengurangi berat badan bisa dimulai setiap pagi dengan mengonsumsi sarapan yang tepat, salah satunya dengan mengonsumsi oatmeal.

Hasil studi tersebut menyatakan bahwa, orang yang mengonsumsi oatmeal secara rutin selama enam minggu akan mengalami perubahan yang signifikan pada lingkar pinggangnya dan juga mempengaruhi tingkat kolesterol yang lebih baik, ketimbang mereka yang mengonsumsi karbohidrat yang terdapat pada mie dalam jumlah yang sama.

Baca Juga: Menu Sarapan Pagi yang Tepat Untuk Turunkan Berat Badan

Oatmeal kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang membuat rasa lapar tidak cepat muncul. Penelitian lainnya juga datang dari Journal of Nutrition, yang menyatakan bahwa sarapan oatmeal 3 jam sebelum olahraga akan membantu tubuh membakar kalori lebih banyak sehingga lemak dalam tubuh juga ikut berkurang.

Menurut ahli diet, Shira Lenchewski, karbohidrat kompleks yang terdapat dalam oatmeal juga lebih efektif  saat dikonsumsi di pagi hari karena dibakar oleh tubuh dengan lebih efisien, dibandingkan jika dikonsumsi saat malam hari yang malah akan disimpan sebagai lemak.

Oatmeal yang beredar di pasaran umumnya hadir dengan rasa tawar dan tanpa tambahan gula, dimana hal ini memang baik untuk mencegah pembentukan lemak dari gula berlebihan yang berasal dari menu sarapan yang digoreng dengan minyak atau ditambahkan gula.

Untuk lebih memaksimalkan manfaat oatmeal demi mendapatkan berat badan yang ideal, University of Massachusetts Medical School menganjurkan agar sebaiknya Ibu juga menambahkan irisan buah di dalamnya. Selain untuk menambah jumlah serat dan berbagai vitamin, kebaikan manfaat buah juga bisa membantu untuk mempercepat metabolisme tubuh. Buah yang umum digunakan sebagai pelengkap oatmeal adalah berbagai macam buah berry, pisang hingga kiwi yang kaya akan vitamin C.

Sebagai tambahan protein, Ibu juga bisa memasukkan putih telur yang direbus ataupun dikukus ke dalam oatmeal. Putih telur tidak akan memberikan tambahan rasa namun memberikan asupan protein yang baik. Menurut Harvard School of Public Health, protein dalam putih telur bisa mempercepat pembakaran kalori dan lemak dan menjaga rasa kenyang lebih lama.

Share artikel ini:

Artikel Terkait