@shutterstock

Berkenalan dengan Ginseng, Herbal Korea Berjuta Khasiat

Di bumi ada banyak sekali tanaman herbal yang punya manfaat bagus bagi kesehatan. Salah satunya adalah ginseng. Tanaman ini banyak ditemukan di Korea dan sering diolah menjadi perasa teh, obat tradisional, hingga penyedap makanan.

Di balik bentuknya yang lumayan mini, ginseng menyimpan segudang khasiat hebat yang bagus untuk kesehatan. Apa saja itu? Yuk cari tahu!

Mengontrol Gula Darah

Sebuah studi dari American Ginseng Organization menemukan bahwa mengonsumsi tanaman herbal ini secara rutin akan meningkatkan kontrol tubuh terhadap gula darah. Tak hanya itu saja, ginseng juga membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh dan membuatnya kembali stabil. Anda bisa menambahkan bubuk ginseng dalam olahan teh, atau minta petunjuk dokter tentang penggunaan tanaman herbal yang satu ini.

Menjaga Berat Badan

Dilansir dari News Max, salah satu situs gaya hidup sehat, ekstrak berry ginseng sangat efektif untuk menangkal obesitas.  Secangkir teh ginseng setiap pagi akan membantu mengendalikan nafsu makan dan membuat berat badan tetap stabil. Cocok sekali untuk Anda yang sedang diet ataupun sedang menjalani pola hidup sehat.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Ginseng Korea mengandung ginsenosides yang akan bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Nah, mineral tersebut akan mencegah berbagai penyakit yang membahayakan tubuh dan juga membuat sistem imun tetap kuat. Laporan dari University of Maryland Medical Center, ginseng juga berkhasiat untuk mengurangi risiko terserang pilek dan flu. Pas sekali untuk dinikmati kala musim hujan dengan menambahkannya dalam minuman atau yang lainnya.

Mengusir Stress

Ginseng telah dimanfaatkan sejak dulu kala sebagai obat penangkal stress. Menurut penelitian yang dilakukan University of Maryland Medical Center, ginseng bagus untuk meningkatkan hormon coticopin yang akan membantu mengusir stress dan membuat badan kembali relaks.

Menarik ya? Di Indonesia sendiri, tanaman ini bisa ditemukan di toko obat atau kios tanaman herbal. Entah itu dalam bentuk powder atau masih berupa tanaman segar. Anda bisa mengolahnya sesuai selera untuk merasakan aneka manfaat baiknya tadi. Semoga informasinya bisa membantu ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait