©shutterstock

Bikin Keseruan dengan Belajar Mendayung

Mendayung termasuk salah satu olahraga yang seru sekali. Selain menyenangkan, mendayung juga bagus untuk melatih keseimbangan si kecil dan meningkatkan koordinasi otot lengannya. Namun karena mendayung masuk dalam kategori olahraga ekstrim,  Anda harus tahu tekniknya supaya bisa mendayung dengan mulus.

Teknik 1: Perlengkapan dan Pemanasan

Untuk olahraga mendayung pastinya Anda akan memerlukan pelampung, dayung, helm, dan perahu kayak. Kalau mengajari si kecil, cari yang ukurannya mini supaya sesuai dengan posturnya. Setelah semua perlengkapan lengkap, ajak si kecil pemanasan untuk melenturkan otot-ototnya. Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi risiko cedera saat latihan nantinya.

Lakukan peregangan di lengan dengan cara menekuknya ke depan, ke belakang, ke samping kiri dan kanan, serta ke bawah. Lakukan dengan sungguh-sungguh agar nantinya bisa mendayung dengan sekuat tenaga.

Teknik 2: Latihan Dasar

Nah, sekarang saatnya latihan mendayung. Pertama-tama, pegang dayung dengan posisi menyilang, tangan kanan di atas dan tangan kiri di bagian bawah. Jika sudah mendapat posisi yang pas, Anda bisa masuk ke dalam perahu kayak. Duduklah dengan nyaman dan usahakan kaki lurus untuk menjaga keseimbangannya. Posisikan dayung menyilang seperti di awal tadi. Siap? Gerakkan dayung ke depan agar perahu bisa berjalan maju. Buat aba-aba seperti, “kiri.. kanan..kiri..kanan.. kiri..” untuk mempermudah gerakan mendayung.

Untuk latihan dasar bisa dilakukan di rumah atau kolam renang. Tapi kalau sudah mahir, Anda bisa mengajak si kecil mengikuti kegiatan kayaking yang diadakan oleh tour agent.

Ada beberapa manfaat bagus yang bisa didapatkan dari olahraga mendayung, yaitu:

Menyehatkan Mental

Apapun jenis olahraganya pasti membuat orang yang melakukan merasa gembira. Selain itu, stress yang dirasakan juga berkurang dan pikiran terasa lebih tenang. Apalagi kalau olahraganya dilakukan bersama-sama orang tercinta. Pasti makin seru dan menyenangkan.

Menguatkan Tulang dan Otot

Mendayung membutuhkan kekuatan otot dan tulang yang prima untuk menaklukan jeram di depan mata. Oleh karena itu, olahraga ini bagus untuk melatih otot dan tulang di bagian lengan. Selain itu, adrenalin juga ikut terpompa ketika menghadapi arus air yang cukup sulit untuk dilewati.

Menarik bukan? Jadi tunggu apalagi? Yuk segera ajak si kecil latihan mendayung. Selamat mencoba ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait