Bilamana Terpaksa Makan di Luar

Apakah si buah hati susah makan? Siasati dengan pemberian makanan selingan atau kerap disebut jajan. Namun pastikan jajan yang dimaksud merupakan jajanan yang sehat dan bergizi.

Makanan selingan memang merupakan alternatif untuk mencukupi kebutuhan gizi anak-anak yang makannya hanya sedikit. Jajan ini boleh diberikan jauh sebelum jam makan berikutnya tiba. Hindari memberi anak jajan jika ia memintanya terlalu dekat dengan jam makan. Hindari pula memberikan jajan yang mengenyangkan menjelang jam makan. Mengapa? Jika Anda memberi si kecil jajan yang mengenyangkan seperti jajan berlemak dan manis, maka selera makannya akan hilang sehingga tak mustahil ia akan melewatkan menu makan siang atau makan malamnya tersebut.

Agar Anda ingin mengetahui tingkat gizi dalam makanan selingan, maka sebaiknya Anda membuatkan sendiri jajan untuk anak Anda. Diperlukan kreativitas dalam ide dan pembuatannya agar jajan tersebut tak hanya enak dengan rasa dan ragamnya yang tak membosankan, melainkan juga menyehatkan. Untuk hal ini, Anda bisa mencari resep di majalah-majalah aneka kue atau bisa juga browsing via internet. Dengan membuat sendiri jajan untuk si kecil, maka bisa dipastikan makanan tersebut lebih higienis dibandingkan jika Anda membelinya di luar.

Namun bagaimana jika Anda tak sempat membuatkan si kecil makanan selingan? Tentu Anda tak bisa membelikan apa yang diminta anak begitu saja saat melihat segala macam jajan yang menarik di luar. Sahabat Nestle menganjurkan Anda untuk mempertimbangkan kandungan gizi pada makanan tersebut. Jika sekiranya tak mengandung gizi apa-apa, sebaiknya ajak si kecil memilih makanan yang lain.

Begitu juga dengan cara pengolahan. Jika makanan tersebut terlihat sangat berminyak, memiliki warna-warni yang memikat, maka bisa dipastikan makanan tersebut tak layak masuk perut si buah hati Anda. Makanan yang berminyak cenderung bisa membuat si kecil batuk, sementara makanan yang penuh warna pastinya mengandung banyak pewarna buatan yang belum tentu memakai pewarna makanan. Bisa jadi pewarna tersebut terbuat dari zat pewarna tekstil atau cat.

Hal penting lainnya yang perlu dicermati saat membelikan jajan di luar yaitu pastikan tempatnya bersih, tidak terpapar oleh debu dan asap serta bebas dari bakteri.

Anak yang sehat merupakan keberhasilan orangtua dalam memberikan nutrisi yang terbaik. Bilamana terpaksa membeli jajan di luar, kuncinya tetap terletak pada orang tua. Oleh karena itu diperlukan kebijakan dari Anda dalam memilih jajanan yang boleh dimakan oleh si kecil.

Share artikel ini:

Artikel Terkait