Bingung Makan Delima, Begini Cara Tepatnya

Bingung Makan Delima, Begini Cara Tepatnya

Bunda ini kok semua isinya biji? Mana buahnya?

Pertanyaan lugu ini barangkali akan Anda alami saat si kecil baru pertama melihat maupun mengenal buah delima. Buah yang kondang di luar negeri dengan sebutan pomegranate memang tidak memiliki daging buah layaknya buah pada umumnya. Sebaliknya, buah delima memiliki biji yang melimpah dan justru itulah yang bisa untuk dimakan.

Kristeen Cherney, praktisi nutrisi dari Florida menjelaskan buah delima memiliki bentuk biji kecil, berwarna merah. Biji ini diselimuti oleh bagian lunak dan banyak mengandung cairan yang disebut arils. Biji-bijian ini akan jatuh menyebar seketika saat Anda membelah buah delima. Tak perlu dipilah karena pada dasarnya biji buah delima yang matang bisa langsung dimakan langsung maupun dibuat jus.

Cara termudah untuk menikmatinya memang dibuat jus. Apalagi bagi si kecil yang tak terbiasa memakannya, sudah barang tentu akan merasa aneh memakannya. Langsung masukkan ke dalam blender semua biji delima tanpa perlu membuang atau mungkin memeras arils dari bijinya. Biji delima memiliki tekstur yang lunak sehingga lebih mudah dilembutkan saat dibikin jus maupun smoothie.

Lebih lanjut, tekstur biji delima kurang lebih mirip dengan biji semangka yang kala dimakan tidak sampai membahayakan organ pencernaan. Menurut Kristeen biji-bijian ini akan hancur dan lembut saat diproses dalam lembung maupun usus, sehingga tak perlu sampai khawatir tertinggal atau membuat proses buang air besar terganggu. Walau demikian, Anda masih perlu mengajari si kecil agar bisa mengunyahnya terlebih dahulu sebelum menelannya ketika memakan buah delima.

Ditinjau dari segi nutrisi, Kristeen menyebutkan jika buah delima memiliki kandungan vitamin C yang cukup besar. Departemen Pertanian Amerika melansir jika dalam satu buah delima dapat menyumbangkan vitamin C sebanyak 8,9 miligram. Selain itu buah delima kaya antioksidan dan kalium sebanyak 205 miligram. Lemak sehat yang ada di dalamnya juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kalorinya yang rendah, yaitu sekitar 72 kalori dalam satu buah cocok dijadikan hidangan bagi Anda yang sedang menjalani program hidup sehat.

Selamat menikmati manfaat dan kelezatan buah delima ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait