©shutterstock

Budayakan Berjalan Kaki Yuk!

Berjalan kaki merupakan olahraga mudah, murah, dan dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk si Kecil. Menurut American Heart Association, setiap 1 jam berjalan kaki akan meningkatkan harapan hidup sebanyak 2 jam, dengan membantu mengontrol berat badan, mengurangi risiko diabetes, menurunkan kadar stres, dan baik untuk kesehatan tulang, otot, serta sendi.

Selain menyehatkan, mengajarkan jalan kaki dapat membiasakan si Kecil berjalan cepat dan tidak kaget saat berkunjung ke luar negeri. Jika ingin mendapatkan kebiasaan sehat ini sejak usia dini, cobalah beberapa permainan dan kegiatan untuk membuatnya tertarik.

Aktivitas Bersama Keluarga

Kombinasikan berjalan kaki bersama keluarga dengan melakukan beberapa permainan, agar tidak mudah bosan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah permainan tebak-tebakan, si Kecil akan memberikan huruf pertama dari benda yang dilihatnya dan anggota keluarga yang lain harus menebak jawaban yang benar. Bisa juga dengan memperbolehkannya membawa mainan kereta dorong dan membiarkannya berjalan mengitari rumah atau taman. Selain itu, mengajaknya ke museum atau pusat perbelanjaan juga dapat dilakukan, tanpa disadari ia telah berjalan kaki cukup lama dan jauh.

Manfaatkan Halaman

Halaman rumah juga dapat dimanfaatkan untuk mendorong si Kecil suka berjalan kaki lho. Buatlah permainan yang menarik seperti membuat garis panjang, atau meletakkan daun-daun hingga membentuk garis untuk diikuti. Sesekali berikan tantangan seperti batu atau mainan untuk diloncati. Bisa juga dengan membiarkannya mendorong mainan di sepanjang jalur yang sengaja dibuat mengitari halaman.

Permainan di dalam Ruangan

Membiasakan si Kecil berjalan kaki juga bisa dilakukan di dalam rumah lho, misalnya memintanya untuk berjalan menirukan gaya berjalan binatang yang berbeda atau tutup matanya dan minta ia berjalan mengikuti instruksi yang Bunda berikan. Agar makin asyik, berikan tantangan seperti harus menaiki kursi, melompati bantal, atau merangkak di bawah tali.

Jadikan sebagai Rutinitas

Kegiatan berjalan kaki dapat menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari. Jika jarak rumah ke sekolah tidak begitu jauh, biasakan mengantarnya dengan berjalan kaki, atau apabila harus menggunakan kendaraan bermotor, parkir di tempat yang lebih jauh dari biasanya, untuk memaksanya berjalan. Mempunyai hewan peliharaan seperti anjing juga dapat memotivasinya untuk lebih banyak bergerak. Berikan tali dan minta untuk mengajak anjing berjalan-jalan di sekitar halaman atau dampingi saat mengajaknya keluar dari rumah.

Budayakan berjalan kaki sejak dini untuk menjaga kesehatan tubuh dan memupuk kebiasaan baik ini.

Share artikel ini:

Artikel Terkait