@shutterstock

Camilan Sehat Bebas Gula Berlebihan

Bagi Anda penderita gula darah tinggi pastinya akan menjaga jarak dengan banyak sekali jenis makanan enak. Namun, Anda tidak perlu cemas ada juga kok camilan sehat yang bebas gula berlebihan. Mau tahu camilan apa saja itu? Simak yang lezat berikut ini ya.

Selai Kacang
Penelitian oleh seorang ilmuwan di Marmara University di Instanbul Turki menjelaskan bahwa kacang tanah termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah. Dengan memakan selai kacang tidak hanya membantu Anda mengontrol gula darah namun juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Makanan dari kedelai
Penelitian oleh ilmuwan di Newcastle University menemukan bahwa mengonsumsi protein tinggi sebelum sarapan seperti yogurt kedelai mengurangi hampir 40 persen kadar gula darah setelah sarapan pada penderita diabetes tipe 2. Es krim kedelai, yogurt kedelai dan susu kedelai adalah camilan sehat yang terbuat dari kedelai yang tentunya merupakan makanan rendah glikemik.

Kacang kedelai merupakan sumber protein yang lengkap karena mengandung semua asam amino esensial yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Selain itu, kacang kedelai juga mengandung lemak baik, kalsium dan isoflavon yang merupakan antioksidan.

Yogurt rendah lemak
Yogurt pir dan apel adalah camilan sehat yang bisa dikonsumsi di antara waktu makan. Yogurt rendah lemak adalah makanan dengan indeks glikemik rendah yang terbuat dari susu sapi yag mengandung protein dan kalsium untuk membantu memperkuat tulang.

Sedangkan pir dan apel juga merupakan buah-buahan glikemik rendah yang mengandung vitamin, mineral, antioksidan dan serat larut. Meningkatkan asupan serat larut dapat membantu mengontrol gula darah karena serat dapat memperlambat penyerapan glukosa dari makanan ke dalam darah.

Selamat menikmati camilan lezat bebas gula berlebihan ya dan jangan lupa untuk selalu jaga pola makan Anda. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait