Camilan Sehat Pengganti Makanan Manis Untuk Si Kecil

Kebutuhan nutrisi si kecil pada masa pertumbuhan haruslah terpenuhi. Tahukah Ibu, tenyata untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil agar lengkap dan seimbang bukan hanya dari makanan utama saja, tapi juga harus didukung dengan nutrisi dari camilan.  Namun terkadang Ibu memandang negatif pada konsep ngemil si kecil, karena khawatir nantinya ia tidak mau makan berat.

Oleh karena itu, Ibu harus lebih selektif dalam memilih camilan sehat untuk si kecil. Sebaiknya Ibu tetap memperhatikan kandungan gizi yang terkandung pada makanan camilan. Apalagi anak-anak sangat menyukai makanan yang manis sebagai camilan mereka. Sedangkan asupan makanan manis untuk si kecil harus dibatasi agar terhidar dari resiko diabetes dan obesitas.

Berikut 7 jenis camilan sehat untuk anak pengganti makanan manis yang bisa Ibu berikan untuk si buah hati agar mereka tetap senang namun juga tetap sehat.

 

Sereal

Makanan yang biasa disajikan sebagai menu sarapan sehat ini juga bisa dijadikan sebagai menu camilan sehat untuk si kecil. Sereal kaya akan serat yang baik untuk pencernaan dan mampu memberikan energi untuk si kecil. Sementara kandungan vitamin E, vitamin B, zink dan kalium-nya yang tinggi juga akan mengoptimalkan fungsi kerja otaknya. Pilihlah sereal yang terbuat dari gandum utuh, yang banyak mengandung fiber, vitamin, dan mineral. Untuk semakin menggugah selera si kecil, Ibu bisa menambahkan potongan buah segar kedalam sereal untuk cemilan pagi menjelang siang.

 

Keju

Salah satu makanan produk olahan susu sapi ini kaya akan kandungan protein yang baik untuk mendukung pertumbuhan si kecil agar semakin optimal. Ibu bisa menyajikan keju secara utuh atau sebagai pelengkap camilan si kecil. Sebaiknya Ibu memilih keju rendah lemak untuk konsumsi si kecil.

 

 

Kacang-kacangan

Makanan yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai menu camilan sehat untuk si kecil. Pilihannya pun sangat beragam, mulai dari kacang tanah, kacang merah, kacang mede, hazelnut hingga kacang almond yang sangat kaya akan nutrisi. Kacang-kacangan kaya akan kandungan gizi, mulai dari protein, serat, lemak baik, hingga vitamin E dan antioksidan yang dapat berperan sebagai pelindung sel-sel otak terhadap radikal bebas. Selain baik untuk kemampuan berpikir, kacang juga bisa menjadi sumber energi yang baik karena kandungan vitamin E dan thiamin di dalamnya dapat mengubah glukosa menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

Potongan Buah Segar

Kandungan gizi yang terdapat di dalam buah-buahan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buah-buahan kaya akan kandungan gizi berupa vitamin, mineral, dan antioksidan yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit yang berbahaya yang disebabkan oleh radikal bebas seperti kanker. Buah stroberi, blueberry, mangga, apel, melon, buah pir, pisang, dan pepaya, adalah beberapa buah segar yang direkomendasikan ahli nutrisi untuk diberikan pada si kecil sebagai cemilan antar waktu makan. Cara menyajikannya pun sangat mudah, Ibu cukup sajikan dalam potongan kecil. Agar semakin menarik, potong buah dengan bentuk lucu dan kombinasikan berbagai macam buah. Camilan buah ini cocok diberikan sebagai cemilan siang atau malam.

 

Telur

Makanan yang satu ini selain bisa dijadikan sebagai menu makanan utama, ternyata bisa juga dijadikan sebagai menu camilan sehat. Telur memiliki kandungan gizi yang baik untuk mendukung pertumbuhan si kecil. Kandungan protein dalam sebutir telur dapat memenuhi hampir 1/3 kebutuhan protein si kecil. Ibu pun tak perlu bingung menyajikan camilan untuk si kecil, karena telur sangat mudah diolah menjadi beberapa makanan kesukaan si kecil, seperti omelet, telur dadar, telur rebus, atau bisa juga menjadi martabak yang disajikan lengkap dengan daging dan sayur.

 

Agar-agar

Agar-agar atau jelly bisa menjadi salah satu cemilan yang baik untuk si kecil, karena kandungan seratnya yang baik untuk kelancaran sistem pencernaan. Namun agar-agar dalam kemasan yang suka dibeli si kecil di supermarket ternyata berbahaya Bu, karena mengandung bahan pengawet dan perwarna buatan yang tidak baik untuk kesehatan si kecil. Maka dari itu, tak ada salahnya Ibu membuat sendiri agar-agar untuk si kecil. Agar semakin menarik, Ibu bisa mengkreasikannya dengan membentuknya menggunakan cetakan-cetakan lucu dan tambahkan potongan buah segar agar semakin lengkap kandungan gizinya.

 

Yogurt

Salah satu produk olahan susu sapi yang diolah dengan cara fermentasi ini juga sangat menyehatkan sebagai camilan bagi si kecil. Protein dan vitamin B pada yogurt sangat penting dalam mendukung pertumbuhan enzim dan jaringan otak. Tidak hanya itu, yogurt juga mengandung vitamin D yang penting untuk perkembangan otot dan saraf tubuh si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan. Sebaiknya, Ibu memilih yogurt rendah lemak karena kaya akan kalsium yang baik bagi si kecil. 

Share artikel ini:

Artikel Terkait