©shutterstock

Cara Alami Sembuhkan Sakit Maag

Tiba-tiba mulas dan muncul semacam kram yang menyakitkan di bagian perut. Memiliki penyakit maag memang tak enak rasanya. Ironisnya, hampir sebagian besar penderita maag adalah orang yang gemar memakan makanan pedas. Saat sehat, mulut begitu lahap menikmatinya, namun mendadak perut terasa sakit usai menikmatinya. Bila Anda termasuk salah satu orang yang mudah mengalami maag, cara berikut ini mungkin bisa Anda coba.

 

Memakan serbuk pisang

Pisang termasuk buah yang enak dan banyak digemari oleh semua kalangan. Lebih spesialnya lagi, zat yang ada dalam pisang dapat membantu mengontrol produksi asam lambung. Menurut Dr. David Williams, salah satu praktisi kesehatan kenamaan Amerika, pisang juga mengandung polisakarida yang larut dalam air. Zat ini seperti yang ditemukan dalam kebanyakan obat maag. Untuk memanfaatkannya, jemur irisan pisang mentah yang sudah dikupas sampai kering. Giling sampai menjadi serbuk halus. Campur 2 sendok makan serbuk pisang dengan 1 sendok makan madu, makan saat maag kambuh.

 

Meminum madu

Madu sendiri juga memiliki manfaat yang baik untuk meringankan gejala maag. Dr. David menyebutkan madu mengandung gula oksidase, semacam enzim yang bisa memproduksi hidrogen peroksida. Zat ini bisa membunuh bakteri yang mudah sekali menyebabkan terjadinya maag. Minumlah dua sendok makan madu saat maag tiba-tiba kambuh.

 

Memakan bawang putih

Baunya yang menyengat membuat rempah dapur yang satu ini jarang sekali disukai. Padahal, bawang putih mengandung banyak khasiat yang baik bagi pencernaan. Dr. David menyebutkan bawang putih kaya akan kandungan bakteri Helicobacter pylori. Penelitian yang dilakukan oleh Fred Hutchinson Cancer Research Center, menambahkan bakteri tersebut dapat membantu melawan bakteri yang bisa menyebabkan timbulnya gangguan perut dan menetralkan asam lambung yang bisa memicu timbulnya maag. Pangganglah bawang putih ini sebentar, kemudian kunyah saat maag tiba-tiba kambuh.

 

Beberapa makanan tersebut memang sudah banyak dibuktikan dalam pelbagai penelitian, khususnya untuk mengatasi maag. Namun begitu, akan lebih baik bila Anda segera memeriksakannya ke dokter. Selain mendapatkan obat dengan dosis yang tepat, Anda juga akan mendapatkan informasi seputar pantangan maupun anjuran makanan yang boleh dikonsumsi setiap hari bagi penderita maag. Semoga  bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait