vote

Cara Cepat Menyembuhkan Penyakit Cacar, Hindari 5 Makanan Ini

Agar penyakit cacar cepat sembuh, selain mengonsumsi obat dari dokter dan istirahat yang cukup ada juga makanan-makanan yang harus dihindari. Pasalnya, makanan-makanan ini dapat menjadi faktor eksternal yang menghambat proses pemulihan dari cacar.

  • Rate Artikel ini

Varisela atau lebih sering disebut penyakit cacar adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Gejalanya adalah demam serta muncul ruam-ruam di kulit yang membuat gatal. Penyakit cacar mudah menyerang siapa saja dan juga gampang menular, terutama bagi anak-anak. Menyembuhkan penyakit cacar memang cukup mudah, istirahat cukup dan meminum obat dari dokter dengan teratur. Untuk mempercepat pemulihan, ada makanan yang harus dihindari saat terkena penyakit cacar, seperti ulasan di bawah ini.

1. Makanan yang Berlemak

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh harus dihindari saat sedang menderita penyakit cacar. Pasalnya, makanan ini bisa menyebabkan inflamasi pada bintik-bintik cacar dan memperlambat proses pemulihan, bahkan bisa membuat bintik-bintik dan gatal lebih parah. Sebaiknya penderita penyakit cacar mengkonsumsi makanan yang dingin seperti es krim rendah lemak atau yogurt, karena mudah dicerna dan menyejukkan tenggorokan dan suhu tubuh.

2. Makanan Pedas

Pada beberapa kasus tertentu, bintik-bintik penyakit cacar juga ditemukan di area mulut. Bila hal ini terjadi, hindari mengkonsumsi makanan pedas karena dapat menyebabkan iritasi dan rasa tidak nyaman di mulut.

3. Makanan yang Terlalu Asin

Seperti makanan pedas, makanan yang terlalu asin juga dapat menyebabkan iritasi pada cacar di area mulut. Gunakan garam sesedikit mungkin pada makanan untuk penderita penyakit cacar agar iritasi terhindari dan penyakitnya cepat sembuh.

4. Makanan dengan Kacang

Makanan yang mengandung kacang seperti kacang goreng, coklat, selai kacang dan kismis sebaiknya dihindari untuk cara menyembuhkan penyakit cacar yang cepat. Sebab, makanan ini mengandung Arginine, asam amino yang dapat membantu pertumbuhan virus penyebab cacar. Akibatnya, penyakit cacar jadi susah sembuh dan bintik-bintik di tubuh semakin banyak.

5. Makanan yang Asam

Cara menyembuhkan penyakit cacar adalah dengan menghindari makanan yang mengandung asam, seperti jus buah tanpa pemanis atau buah-buahan yang asam seperti jeruk dan lemon. Makanan asam akan membuat bintik-bintik cacar di sekitar area mulut terasa sakit sehingga proses penyembuhan jadi lebih lama.

Artikel Terkait

Terbaru