Cara Cepat Sajikan Hidangan Sayur

Yuk simak tips cara mudah, sederhana dan cepat mempersiapkan hidangan sayuran dengan praktis dan tetap mempertahankan nutrisi. Buat apa masak lama-lama?

Sayuran adalah bahan hidangan yang selalu jadi saran utama untuk diet sehat. Tentu saja diet yang dimaksud adalah pola bersantap ideal untuk menggapai hidup yang sehat; bukan sekedar pantangan dari hidangan tertentu.

Hanya saja kita sering memproses sayur dengan tidak cermat sehingga kebaikan dari vitamin dan mineral juga zat lain hilang. Utamanya ialah proses persiapan dan pemasakan hidangan.

Untuk mendapat hasil maksimal berikut adalah tips menyajikan hidangan berbahan sayuran:

-      Beliliah sayuran dari tempat yang bersih dan menawarkan kualitas baik atau dapat dipercaya

-      Segera gunakan sayuran daun berwarna hijau terlebih dahulu. Cuci bersih dengan air dingin lalu potong sesuai kebutuhan.

-      Dua cara utama pemasakanan sayur ialah mengukus dan menumis dengan sedikit minyak

-      Oven microwave juga dapat digunakan untuk mengukus sayuran dengan wadah tertutup

-      Cara lain adalah memanggang sayuran (kecuali jenis daun-daun

-      Hindari merebus sayuran kecuali untuk hidangan sup. Panas dan banyak air melarutkan dan menguapkan banyak vitamin dan mineral yang ada dalam sayuran

-      Potong sayuran dalam ukuran yang sama agar matang bersamaan

-      Jika ingin langsung menumis sayur tanpa mengukusnya, potong kecil sayuran dan gunakan extra air yang dapat digunakan sebagai saus kemudian

-      Untuk menumis, gunakan tidak lebih dari 1 sendok minyak. Ini cukup untuk hidangan tumis sayuran bagi 4 orang.

-      Gunakan api yang besar dan wajan baja atau yang sejenis. Panas yang baik akan mematangkan sayuran dalam sekejap dan mempertahankan kebaikan yang dikandungnya. Tapi tetap perhatikan minyak agar tidak terbakar dipanas tinggi.

-      Untuk menambah selera, tambah hidangan sayur dengan potongan tahu atau tempe juga jamur.

-      Sedang untuk aroma yang baik, bawang putih goreng dapat ditabur setelah tumis selesai. Atau tumislah bawang putih juga jahe sebelum potongan sayuran masuk.

-      Dan untuk rasa gurih berselera, sawi kering (tong cai) dan potongan kecil ikan asin juga abon dalam jumlah sedikit pasti menyenangkan.

Selamat bersantap sehat!

Share artikel ini:

Artikel Terkait