vote

Cara Mencerahkan Wajah dengan Bahan Alami dari Dapur

Kulit wajah kusam dan gelap disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih, polusi dan bisa juga karena menggunakan kosmetik yang mengandung terlalu banyak bahan kimia.

  • Rate Artikel ini

Kulit wajah kusam dan gelap disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih, polusi dan bisa juga karena menggunakan kosmetik yang mengandung terlalu banyak bahan kimia. Tidak perlu khawatir, cara mencerahkan wajah bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di dapur, seperti berikut ini:

Yogurt

Yogurt merupakan salah satu hasil olahan susu, yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Yogurt juga mengandung asam laktat yang mampu mencerahkan kulit. Caranya dengan membalurkan yogurt di wajah, lalu diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air hangat. Bisa juga dengan mencampurkan yogurt dengan jeruk nipis dan oatmeal untuk dijadikan masker.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C dan asam yang dikandungnya bisa mencerahkan kulit sekaligus melembutkan dan membuat kulit wajah lebih kenyal. Cara membuat masker jeruk nipis adalah memeras jeruk kemudian sarinya dibalurkan ke wajah dan diamkan hingga 20-30 menit. Untuk kulit sensitif, masker ini akan terasa sedikit pedih, tapi bisa ditambahkan dengan yogurt.

Madu

Cara mencerahkan wajah bisa juga dengan menggunakan madu. Madu bisa membantu membuat kulit wajah menjadi lebih cerah sekaligus melembabkannya. Gunakan madu murni sebagai masker untuk wajah setiap hari agar wajah terlihat lebih cerah dan berseri.

Sari Lidah Buaya

Selain bermanfaat untuk rambut, lidah buaya juga ternyata bisa untuk mencerahkan wajah juga. Lidah buaya bisa meringankan hiperpigmentasi dan mengembalikan kulit wajah ke warna asli. Lidah buaya juga bisa meregenerasi sel-sel kulit baru yang sangat penting untuk menjaga agar kulit tetap sehat. Cara menggunakan lidah buaya untuk mencerahkan wajah adalah dengan memotong daun lidah buaya dan peras cairan yang ada di dalamnya. Balurkan cairan tersebut ke kulit wajah, kemudian diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air. Lakukan dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Pepaya

Buah pepaya ternyata banyak manfaatnya untuk kulit dan tubuh. Cara mencerahkan wajah dengan buah pepaya adalah dengan menggunakan kulitnya, bukan daging buahnya. Gosokkan bagian dalam kulit pepaya secara perlahan ke wajah, kemudian diamkan beberapa saat hingga kering. Lalu bilas dengan air dingin untuk membersihkannya. Lakukan ritual ini setiap hari untuk kulit wajah cerah dan bersinar.

Kunyit

Kunyit juga dapat mencerahkan wajah serta meratakan warna kulit yang belang. Kunyit membangun melanin dalam kulit untuk membantu membuat kulit wajah terlihat lebih cerah. Kunyit juga mengandung antiseptik dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Gunakan masker kunyit untuk wajah, dengan cara mencampurkan bubuk kunyit dengan susu atau yogurt lalu balurkan ke wajah. Diamkan hingga kering lalu bilas dengan air hangat. Gunakan masker ini setiap hari untuk hasil maksimal.

Timun

Timun mengikat kolagen dalam kulit dan membuat kulit wajah menjadi kenyal dan lembut, sekaligus mencerahkannya. Membuat masker timun juga cukup mudah; iris timun tipis-tipis dan letakkan di kulit wajah. Diamkan beberapa saat lalu bilas wajah dengan air hangat. Lakukan dua kali sehari.

Artikel Terkait

Terbaru