©shutterstock

Cara Tepat Mengonsumsi Smoothies Hijau

Terkadang karena keterbatasan waktu, Anda tidak sempat untuk memasak dan menyajikan menu sayuran di meja makan. Padahal nutrisi yang terkandung dalam sayur dan buah, dibutuhkan oleh tubuh. Itulah alasan mengapa smoothie hijau menjadi tren di dunia kesehatan.

Bagaimana tidak? Hanya dengan sedikit waktu dan persiapan, Anda bisa mengonsumsi sayuran dan buah dalam beberapa teguk. Agar hasil yang didapat tubuh lebih maksimal, ikuti tips-tips di bawah ini untuk menikmati smoothie hijau dengan cara yang tepat.

Hati-hati pilih sayuran hijau

Tidak semua sayuran hijau bisa digunakan untuk membuat smoothie. Seperti yang dilansir situs Sparkpeople, arugula cenderung memberikan rasa sedikit menyengat, sedangkan radicchio mempunyai rasa yang pahit. Kale lebih susah untuk diproses menjadi smoothie karena teksturnya yang liat. Lebih baik Anda memilih sayuran seperti bayam, kubis, dan parsley, agar terhindar dari rasa dan bau yang bisa membuat Anda eneg atau mual.

Lakukan secara bertahap

Jika Anda baru dalam mengonsumsi smoothie hijau, ikuti tips yang disarankan oleh situs Sparkpeople ini. Pertama-tama, gunakan porsi sayuran lebih kecil daripada porsi buah, sehingga Anda lebih banyak mendapatkan rasa manis buah. Secara bertahap kurangi buah dan perbanyak sayuran dalam smoothie hijau Anda.

Pilih waktu yang tepat

Menurut situs Incrediblesmoothie, waktu terbaik untuk mengonsumsi smoothie hijau adalah pada pagi hari.  Kandungan serat, vitamin, mineral, protein, dan kalori yang terkandung lengkap dalam smoothie hijau bisa menggantikan sarapan dan membuat Anda merasa kenyang sampai jam makan siang tiba. Selain itu, smoothie hijau juga memberikan suntikan energi lebih lebih baik daripada secangkir kopi. Anda juga bisa membawa smoothie hijau sebagai ganti camilan, tidak hanya lebih sehat tapi juga menghindari kebiasaan mengudap makanan manis.

Tutupi warna hijau

Untuk beberapa orang, warna hijau pada smoothie terkadang tidak menggugah selera. Anda dapat menyiasatinya lewat cara yang diberikan di situs Sparkpeople, yaitu dengan mengombinasikan buah-buah berwarna kuat, seperti strawberry atau blueberry.  Gunakan juga gelas yang berbentuk atau berwarna imut, dilengkapi sedotan cantik agar lebih bersemangat meminum smoothie hijau.

Semoga tips-tips di atas memberikan pengetahuan lebih pada Anda yang ingin mencoba hidup lebih sehat, dengan mengonsumsi smoothie hijau. Have a healthy yummy life!

Share artikel ini:

Artikel Terkait