©shutterstock

Cepat-Mudah-Lezat, Trik Mudah Menyiapkan Green Smoothie Sehat

Smoothie berbahan sayuran atau dikenal dengan nama Green Smoothie merupakan cara baru yang praktis dan lezat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Memasukkan sayuran dalam pola makan sehari-hari dapat menurunkan risiko penyakit kanker, jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan kerapuhan tulang, seperti yang dilansir dari laman Choose My Plate, penyedia informasi tentang nutrisi, kesehatan, dan diet yang cukup kredibel di Amerika Serikat.

Tertarik untuk mencobanya? Ikuti trik-trik berikut ini untuk mendapatkan green smoothie yang praktis dan lezat.

Memilih Sayuran

Serena Styles, RD, ahli nutrisi dari Livestrong Foundation, yang banyak menulis artikel tentang kesehatan, olahraga, dan makanan, memberikan saran untuk memilih sayuran yang renyah dan cerah, untuk mendapatkan green smoothie yang yummy. Cuci sayuran hingga bersih untuk menghilangkan kotoran dan residu bahan kimia. Beberapa bahan yang dapat digunakan adalah brokoli, wortel, bayam, kangkung, paprika, dan mentimun. Semakin banyak warna sayuran yang digunakan, semakin baik manfaatnya bagi tubuh.

Tambahkan Rasa

Untuk mengurangi rasa sayuran yang kuat, tambahkan rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, bahkan cabai dan taburan lada hitam untuk memberikan rasa yang unik. Peterseli, serai, dan rosemary juga dapat membuat rasanya makin tajam dan segar. Bersenang-senanglah dengan bereksperimen menggunakan aneka sayuran dan rempah-rempah yang tak terbatas pilihannya untuk menemukan kombinasi favorit Anda.

Buah-buahan

Tambahkan 1-2 porsi buah ke dalam smoothie untuk memberikan rasa manis alami. Penambahan buah-buahan seperti pisang, mangga, apel, pir, atau kurma dapat menggantikan pemanis buatan atau gula, sehingga membuat green smoothie tetap sehat dan lezat. Ingin smoothie terasa makin menyegarkan? Jangan gunakan es batu, tapi bekukan buah-buahan sebagai penggantinya.

Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Tambahkan biji-bijian dan kacang-kacangan untuk menambah asupan protein, serat, dan karbohidrat dalam green smoothie. Kacang, gandum, biji bunga matahari, flax seed, kacang mete, atau biji wijen adalah tambahan yang sempurna untuk membuat perut kenyang lebih lama dan memberikan tambahan energi. Selain itu, ini akan membuat teksturnya makin creamy dan terasa yummy.

Produk Susu

Untuk memperkaya rasa dan meningkatkan kandungan protein, tuangkan susu atau yoghurt ke dalam smoothie. Jika ingin rasa yang dingin dan creamy, gunakan yoghurt beku. Sedangkan untuk tekstur yang tidak terlalu mengenyangkan, tambahkan sedikit saja susu low fat atau parutan keju ke dalamnya.

Selain trik-trik di atas, agar mendapatkan green smoothie yang lembut, haluskan sayuran hijau dan cairan terlebih dahulu, baru kemudian menambahkan buah-buahan dan bahan-bahan lainnya. Selamat menikmati green smoothie yang yummy dan menyehatkan ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait