Daftar Makanan Lezat Penunjang Paru-Paru Sehat

Selain jantung, paru-paru adalah organ vital yang dimiliki manusia. Tentunya juga perlu dijaga kesehatannya. Jika jantung bertugas mengalirkan darah ke seluruh tubuh, maka paru-paru memiliki peran yang tak kalah rumit, yaitu mengontrol arus keluar-masuk udara dalam tubuh. Peran ini akan semakin berat jika kondisi paru dalam keadaan tak sehat. Maka dari itu, kita harus menjaga kesehatan paru dengan menunjang kebutuhan nutrisinya.

Berikut ini beberapa makanan sehat yang bisa Anda konsumsi.

Oatmeal

Makanan pertama yang bisa Anda konsumsi adalah oatmeal. Sereal gandum ini tak hanya enak disajikan saat sarapan tetapi juga memiliki kandungan gizi yang baik. Charles Patrick Davis, MD, PhD, ahli kesehatan dari Medicine Net mengungkapkan bahwa serat dan beberapa kandungan nutrisi dalam makanan ini dapat membantu menutrisi paru hingga bisa berfungsi secara optimal.

Ikan

Ikan seperti salmon dan tuna tak hanya enak disantap. Hidangan ini juga menyumbangkan banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Dr. Charles mengatakan jika ikan seperti salmon dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan paru. Sajikan makanan ini dengan cara dikukus atau dipanggang agar tidak banyak menyumbangkan kolesterol bagi tubuh.

Keju

Pilihlah keju yang rendah lemak atau terbuat dari olahan susu skim. Dr. Charles mengatakan keju mengandung kalsium yang melimpah. Selain baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang, kalsium ternyata dapat meningkatkan kinerja otot paru, khususnya dalam proses kontraksi maupun relaksasi.

Pisang

Sebagai hidangan penutup, pisang bisa menjadi pilihan. Pisang mengandung kalium yang sangat melimpah. Dr. Charles menyebutkan jika kalium dapat membantu meningkatkan kekuatan otot-otot paru, sehingga bisa menarik oksigen bebas dari udara secara optimal dan mereduksi beragam gas seperti karbondioksida dan nitrogen untuk dikeluarkan dari dalam tubuh.

Nah, itu dia beberapa daftar makanan yang dapat menunjang kesehatan paru Anda dan keluarga. Biar lebih maksimal, lakukan olahraga secara rutin setiap hari agar kesehatan paru tetap terjaga.

Share artikel ini:

Artikel Terkait