©shutterstock

Daftar Olahan Susu Penunjang Menu Sehat

Susu punya banyak manfaat bagus untuk kesehatan. Selain membuat perut kenyang, minuman lezat ini juga meningkatkan kekuatan tulang dan otot serta memberikan energi untuk beraktivitas. Maka dari itu, Anda wajib memasukkannya dalam menu sehat harian. Tapi kan bosan kalau terus-terusan minum susu yang sama? Tenang, berikut ada berbagai macam olahan susu yang pastinya bikin Anda makin lahap makan. Simak yuk!

Yoghurt

Olahan susu ini banyak dimanfaatkan sebagai menu diet. Kandungan lemaknya yang sedikit dan bakteri baik di dalamnya bisa membantu menurunkan berat badan dalam waktu yang cukup singkat, seperti yang diterangkan oleh situs kesehatan fitnessmagazine. Selain itu rasanya juga creamy dan lezat. Apalagi kalau dipadukan dengan aneka buah segar dan granola. Jika ingin memasukkan yoghurt dalam menu harian, hindari varian yang punya rasa-rasa karena ada banyak kandungan gula tambahannya. Pilih saja plain atau geek yoghurt  yang meskipun rasanya hambar tetap bagus untuk membuat badan senantiasa sehat.

Keju

Meskipun sedang melakukan program hidup sehat, Anda masih boleh lho makan keju. Cari varian yang rendah lemak supaya tidak memberikan dampak buruk pada berat badan. Beberapa keju rendah lemak yang bisa dibeli di pasaran adalah keju swiss, mozarella, colby, ricotta, dan parmesan.  Tambahkan keju-keju ini dalam salad dan sandwich supaya rasanya makin nikmat dan gizinya tambah banyak.

Susu Kedelai

Sama-sama susu, hanya saja dibuat dari bahan yang berbeda. Susu kedelai berasal dari biji tanaman kedelai yang memiliki banyak kandungan protein, serat, dan isoflavon. Kalau Anda memilki alergi terhadap protein susu sapi, kedelai bisa digunakan sebagai alternatifnya. Namun Anda tidak boleh mengonsumsinya lebih dari 3 kali sehari karena bisa memicu alergi dan lainnya.

Susu memang menyehatkan, apalagi jika diolah menjadi beraneka ragam masakan yang menggugah selera. Agar badan tetap sehat, pilih varian rendah lemak agar tidak memberikan tambahan kalori tidak berguna dalam tubuh. Jika sudah dapat yang tepat, segera nikmati kesegarannya dan rasakan manfaatnya. Selamat minum susu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait